Desain Kemasan sebagai Media Promosi Produk Nirwana Batik di Desa Wisata Bejijong Kabupaten Mojokerto
Packaging Design as a Promotional Media for Nirwana Batik Products in Bejijong Tourism Village Mojokerto Regency
Batik merupakan warisan budaya dari generasi ke generasi masyarakat Indonesia. Batik Majapahit merupakan sebutan untuk batik khas Mojokerto yang memiliki motif khas yang bernuansa kejayaan Kerajaan Majapahit. Pada masa lampau, batik banyak dipakai oleh orang Indonesia di daerah Jawa, dan kini telah menjadi salah satu “pakaian nasional”. Berangkat dari fenomena maraknya fashion berkain yang menjadi peluang untuk melestarikan budaya mengenakan batik. Nirwana Batik merupakan UMKM sekaligus pelestari budaya Batik Majapahit yang berada di Desa Wisata Bejijong Kabupaten Mojokerto. Dalam usaha mengenalkan Batik Majapahit, Nirwana Batik telah melakukan berbagai macam promosi seperti melalui sosial media dan kegiatan edukasi budaya dalam kunjungan wisata. Pengunjung Desa Wisata Bejijong ini sangat beragam sehingga target pemasaran Nirwana Batik sebelumnya masih sangat umum sehingga perlu lebih difokuskan. Menurut penjelasan Ibu Nirwana selaku owner, Nirwana Batik memerlukan kemasan yang mampu berperan sebagai media promosi dan meningkatkan nilai produk. Perancangan desain kemasan ini diarahkan untuk membuka peluang pangsa pasar baru bagi Nirwana Batik dengan merancang sebuah kemasan premium. Dengan menargetkan kalangan pemuda hingga dewasa untuk turut serta melestarikan budaya bangsa Indonesia. Kemasan berupa rigid box yang kokoh dengan visual yang merepresentasikan Batik Majapahit. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan pendekatan keilmuan desain. Analisis data dilakukan dengan matriks SWOT untuk menentukan strategi kreatif, dan proses perancangan dilakukan dengan metode Design Thinking. Hasil penelitian berupa prototype kemasan yang telah melalui uji validasi dan uji coba terbatas untuk menilai kelayakannya. Kemasan dinyatakan layak dan mampu menyampaikan pesan sebagai media promosi produk Nirwana Batik dengan baik.
Kata Kunci: Nirwana Batik, Desain Kemasan, Media Promosi
Batik is a cultural heritage passed down through generations of Indonesian society. Batik Majapahit refers to the distinctive batik from Mojokerto, featuring unique motifs that evoke the glory of the Majapahit Kingdom. In the past, batik was widely worn by Indonesians in Java, and has now become one of the "national attires". This stems from the phenomenon of widespread fabric-based fashion, which presents an opportunity to preserve the culture of wearing batik. Nirwana Batik is both a small and medium enterprise (SME) and a preserver of Batik Majapahit culture, located in Bejijong Tourism Village, Mojokerto Regency. In an effort to introduce Batik Majapahit, Nirwana Batik has conducted various promotions, such as through social media and cultural education activities during tourist visits. The visitors to Bejijong Tourism Village are very diverse, so Nirwana Batik's previous marketing target was still very general and needs to be more focused. According to Mrs. Nirwana, the owner, Nirwana Batik requires packaging that can serve as a promotional medium and increase product value. This packaging design is aimed at opening up new market share opportunities for Nirwana Batik by designing premium packaging. It targets youth to adults to participate in preserving Indonesian culture. The packaging is in the form of a sturdy rigid box with visuals that represent Batik Majapahit. The research method used is qualitative with a design science approach. Data analysis was performed using a SWOT matrix to determine creative strategies, and the design process was carried out using the Design Thinking method. The research result is a packaging prototype that has undergone validation testing and limited trials to assess its feasibility. The packaging is declared suitable and capable of conveying messages as a promotional medium for Nirwana Batik products effectively.
Keywords: Nirwana Batik, Packaging Design, Promotional media