Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pemahaman konsep siswa terhadap
kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan perkembangan masyarakat Indonesia pada
masa pra aksara KD 3.4 pada siswa kelas VII SMP Lab YDWP Unesa pada pembelajaran
daring yang diukur dengan metode certainty of response index (cri). Penelitian membahas
tentang permasalahan pemahaman konsep siswa tentang konsep sosial, konsep ekonomi,
dan konsep kebudayaan pada masyarakat praaksara kelas VII melalui pembelajaran daring.
Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan teknik analisis CRI
diperoleh hasil sebagai berikut dari konsep sosial jawaban benar CRI rendah terdapat 100%
(tidak mengetahui konsep), jawaban salah CRI rendah terdapat 42,8% (tidak memahami
konsep), dan jawabansalah CRI tinggi tedapat 57,1% (miskonsepsi). Dari konsep ekonomi
jawaban benar CRI rendah terdapat 100% (tidak mengetahui konsep), jawaban salah CRI
rendah terdapat 80,9% (tidak memahami konsep), dan jawaban salah CRI tinggi tedapat
19,4% (miskonsepsi). Dari konsep kebudayaan jawaban benar CRI rendah terdapat 100%
(tidak mengetahui konsep), jawaban salah CRI rendah terdapat 66,6% (tidak memahami
konsep), dan jawabansalah CRI tinggi tedapat 33,3% (miskonsepsi). Jadi rerata dari semua
konsep tersebut dari jawaban benar CRI rendah terdapat 100% (tidak mengetahui konsep),
jawaban salah CRI rendah terdapat 52,3% (tidak memahami konsep), dan jawabansalah CRI
tinggi tedapat 47,6% (miskonsepsi).
This study aims to analyze the understanding of students' concepts of social, economic, and
cultural life in the development of Indonesian society in the pre-literate period Basic
Competence 3.4 in grade VII students of YDWP Lab Unesa Junior High School in online learning
as measured by the certainty of response index (cri) method. ). The research discusses the
problem of understanding students' concepts of social concepts, economic concepts, and
cultural concepts in the seventh grade literacy community through online learning. By using
quantitative descriptive research methods and CRI analysis techniques, the following results are
obtained from the social concept of low CRI correct answers there are 100% (don't know the
concept), low CRI wrong answers are 42.8% (don't understand the concept), and high CRI
wrong answers are found. 57.1% (misconceptions). From the economic concept, the correct
answer with low CRI is 100% (don't know the concept), the wrong answer with low CRI is
80.9% (don't understand the concept), and the wrong answer with high CRI is 19.4% (misconception). From the concept of culture, the correct answers with low CRI are 100% (don't
know the concept), 66.6% low CRI wrong answers (don't understand the concept), and 33.3%
high CRI incorrect answers (misconceptions). So the average of all these concepts from the low
CRI correct answers were 100% (don't know the concept), the low CRI wrong answers were
52.3% (don't understand the concept), and the high CRI wrong answers were 47.6%
(misconceptions).