ABSTRAK
Habibburachman.
2023. Pengaruh Penggunaan Metode Drill
(Latihan) Dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR
SMK Negeri Kasiman Bojonegoro pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan
Ringan Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Komputasi , Tesis, Program Studi
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Prof. Dr. Munoto, M.Pd. dan (II) Dr. A. Grummy Wailandow,
M.Pd., M.T.
Kata-kata
Kunci : berfikir
komputasi, hasil belajar, metode drill(latihan), project based learning.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui; (1) peningkatan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran
drill dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning ;
(2) adanya interaksi
menggunakan metode pembelajaran drill, model pembelajaran project based
learning, dan kemampuan berfikir komputasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK N Kasiman, Bojonegoro ;
(3) perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran drill
dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning.
Metode yang digunakan untuk mencapai
tujuan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif dengan
pendekatan eksperimen semu (Quasi Experimental) .
Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest
Non Equivalen Control Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah
siswa kelas XI TKR tahun pelajaran 2022/2023 SMK Negeri Kasiman, Bojonegoro. Dalam
penelitian ini dipergunakan teknik Non
Probability Sampling , jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa
berasal dari kelas XI TKR 2 dan kelas XI TKR 3 yang masing-masing akan
dijadikan sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran drill dan sebagai
kelas eksperimen dengan model pembelajaran project based learning. Instrumen
penelitian yaitu soal pretest dan posttest materi engine dan mekanisme katup,
serta soal tes tingkat kemampuan berfikir komputasi siswa yang akan diujikan
sebelum dilaksanakannya penelitian, dan dalam pengolahan datanya dilakukan
dengan program SPSS.
Dari
hasil analisis dapat diketahui bahwa, (1) terdapat peningkatan penguasaan
materi setelah menggunakan metode pembelajaran drill dan model pembelajaran
project based learning dengan interpretasi nilai gain score 0,3 dan 0,2 yang
tergolong dalam kategori sedang dan rendah, (2) Tidak terdapat pengaruh yang
signifikan metode pembelajaran drill, model pembelajaran project based
learning, dan kemampuan berfikir komputasi terhadap hasil belajar siswa dengan
hasil nilai setelah uji anakova yaitu sebesar 0,106 dan 0,117, keduanya
menunjukkan angka yang ≥ 0,05, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa
antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran drill dan kelas yang
menggunakan model pembelajaran project based learning dengan berpedoman pada
hasil perhitungan nilai uji t yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,016.