STRATEGI ADAPTASI PEREKONOMIAN WARUNG KECIL PASCA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN SEPANJANG
ECONOMIC ADAPTATION STRATEGY FOR SMALL SHOP POST COVID-19 PANDEMIC IN SEPANJANG DISTRICT
Pandemi COVID-19 telah menjadi pendorong utama perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor ekonomi mikro. Banyak perubahan yang terjadi pasca pandemi terkait perdagangan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi lebih lanjut tentang adaptasi yang dilakukan oleh pemilik warung kecil di Kelurahan Sepanjang dalam menghadapi tantangan ekonomi pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan menjadikan teori strategi adaptasi oleh Bennet sebagai landasan penelitian. Ada 6 subjek penelitian yang merupakan peengusaha warung kecil di Kelurahan Sepanjang. Penelitian ini menyoroti strategi ekonomi dan sosial yang diterapkan oleh para pedagang warung kecil di Kelurahan Sepanjang dalam menghadapi tantangan pasca pandemi. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, ditemukan bahwa pedagang warung kecil di Kelurahan Sepanjang menerapkan empat strategi ekonomi utama: Diversifikasi Produk, Diversifikasi Layanan, Optimalisasi Online, dan Diversifikasi Pendapatan. Selain itu Penelitian ini juga menemukan dua strategi sosial utama: Memperluas/Memperkuat Koneksi dan Mempertahankan ataupun Membangun Citra Positif. Meskipun strategi sosial ini tidak selalu direncanakan dengan matang, mereka berperan penting dalam adaptasi sosial dan ekonomi.
The COVID-19 pandemic has been a major driver of change in various aspects of life, including the microeconomic sector. Many changes have occurred post-pandemic related to trade. This study aims to explore further information about the adaptations made by small shop owners in Sepanjang Village in facing economic challenges after the COVID-19 pandemic. This study is a qualitative study using the interview method and using Bennet's adaptation strategy theory as the basis for the research. There are 6 research subjects who are small shop entrepreneurs in Sepanjang Village. This study highlights the economic and social strategies implemented by small shop traders in Sepanjang Village in facing post-pandemic challenges. Based on the results of the analysis of this study, it was found that small shop traders in Sepanjang Village implemented four main economic strategies: Product Diversification, Service Diversification, Online Optimization, and Income Diversification. In addition, this study also found two main social strategies: Expanding/Strengthening Connections and Maintaining or Building a Positive Image. Although these social strategies are not always well planned, they play an important role in social and economic adaptation.