Hubungan Konsep Diri dengan Kematangan Karir pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kemlagi Mojokerto
The Relationship between Self-Concept and Career Maturity in Students of SMK Muhammadiyah 1 Kemlagi Mojokerto
Siswa-siswi SMK biasanya diminati oleh seseorang yang telah memiliki keinginan untuk mempersiapkan dan mematangkan kemampuan yang dimilikinya demi mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keahliannya. Konsep diri positif harus ada di dalam diri seseorang agar lebih mengenali dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan dari konsep diri dengan kematangan karir yang dilakukan kepada siswa SMK yang masih duduk di bangku kelas XII. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang menggunakan uji korelasi pearson untuk membuktikan adanya hubungan dari variabel X dan variabel Y. Pengujian ini menggunakan JASP, hasilnya menunjukkan hubungan yang signifikan yakni p 0,015 dan nilai dari korelasinya adalah 0,265. Dari hasil yang telah diperoleh, diketahui konsep diri siswa signifikansinya positif akan tetapi tingkat korelasinya lemah.
SMK students are usually interested in someone who has had the desire to prepare and bring out the skills they have in order to get a job that suits their desires and skills. A positive self-concept must be within one's self in order to get to know himself better. This research aims to find out the relationship of self-concept with career maturity carried out to SMK students who are still sitting on the bench of the twelfth grade. The method used is a quantitative method that uses the Pearson correlation test to prove the relationship between the variables X and Y. This test uses JASP, the result shows a significant relationship of p 0.015 and the value of the correlations is 0.265. From the results obtained, the student's self-concept is known to have a positive significance but a weak correlation level.