PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI PROMOSI DESA WISATA KAMPUNG MAJAPAHIT BEJIJONG
TIKTOK SOCIAL MEDIA CONTENT DESIGN AS A PROMOTION OF THE MAJAPAHIT VILLAGE TOURIST VILLAGE OF BEJIJONG
Potensi ekonomi suatu daerah dapat diangkat dan dikembangkan melalui identitas unik yang dimilikinya. Identitas ini mencakup berbagai aspek seperti kekayaan alam, intelektual, infrastruktur, dan destinasi wisata yang khas. Identitas unik suatu daerah tidak hanya menjadi ciri khas yang membedakannya dari daerah lain, tetapi juga berperan penting dalam menciptakan daya tarik dan simbol potensi yang mampu menarik minat berbagai pihak, termasuk wisatawan, investor, dan pelaku bisnis, sehingga perlu dikelola secara optimal untuk memajukan pertumbuhan ekonomi daerah. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan kontem media social TikTok untuk Desa Bejijong Kota Mojokerto yang merupakan destinasi wisata berbasis sejarah. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode design thinking yang dibagi menjadi lima tahap, yaitu yakni emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Berdasarkan temuan penelitian, materi video TikTok memiliki banyak potensi untuk mengedukasi pemirsa tentang atraksi wisata Kampung Majapahit Bejijong. Konten tentang Kampung Majapahit Bejijong dapat dengan mudah diakses dan dibagikan oleh pengguna, sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang destinasi wisata tersebut.
Kata Kunci: Promosi, Perancangan media, Desa wisata, TikTok
The economic potential of a region can be elevated and developed through its unique identity. This identity includes various aspects such as natural resources, intellectuals, infrastructure, and distinctive tourist destinations. The unique identity of a region is not only a characteristic that distinguishes it from other regions, but also plays an important role in creating an attraction and symbol of potential that is able to attract the interest of various parties, including tourists, investors, and business people, so it needs to be managed optimally to advance regional economic growth. The purpose of this research is to create a TikTok social media contest design for Bejijong Village, Mojokerto City, which is a history-based tourist destination. This research is qualitative and uses the design thinking method which is divided into five stages, namely emphatize, define, ideate, prototype, and test. Based on the research findings, TikTok video material has a lot of potential to educate viewers about the tourist attractions of Kampung Majapahit Bejijong. Content about Kampung Majapahit Bejijong can be easily accessed and shared by users, thus increasing public awareness about the tourist destination.
Keywords: Promotion, Media design, Tourist village, TikTok