Perancangan Maskot Sebagai Identitas Visual Aplikasi Aksaranesia.co
Mascot Design as a Visual Identity for the Aksaranesia.co Application
Aksaranesia.co merupakan aplikasi yang dirancang sebagai media yang mendukung kegiatan literasi peserta didik di SMA ITP Surabaya. Pada tahap uji coba aplikasi, peserta didik merespon negatif aspek visual aplikasi ini karena dianggap hampa dan monoton. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti melakukan analisis kebutuhan dengan metode studi eksisting bersama peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi Aksaranesia.co memerlukan aspek visual yang dapat membuat mereka lebih mengenal dan meningkatkan daya tarik peserta didik untuk menggunakannya. Sebagai solusinya, peneliti merancang identitas visual berupa maskot untuk Aksaranesia.co. Pemilihan maskot sebagai identitas visual didasarkan pada potensi untuk memperkuat citra brand dan mencerminkan tujuan brand dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perancangan maskot sebagai identitas visual aplikasi Aksaranesia.co sekaligus menguji validitasnya. Metode perancangan yang digunakan adalah design thinking dari David Kelley dan Tim Brown. Proses perancangan maskot diawali dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui wawancara dengan peserta didik dan para ahli, studi literatur, dan komparasi maskot aplikasi yang sudah ada. Hasil dari perancangan ini adalah empat desain karakter sebagai maskot aplikasi Aksaranesia.co. Konsep karakter memuat penggambaran ekspresi dan kepribadian layaknya peserta didik yang sedang menjalankan kegiatan literasi menggunakan Aksaranesia.co.
Kata Kunci: Aksaranesia.co, Identitas Visual, Maskot
Aksaranesia.co is an application designed to support literacy activities among students at SMA ITP Surabaya. During the application's testing phase, students responded negatively to its visual aspects, finding them empty and monotonous. To address this issue, researchers conducted a needs analysis using existing studies involving students. The results indicated that Aksaranesia.co requires visual elements that can enhance familiarity and increase student engagement. As a solution, researchers designed a visual identity in the form of a mascot for Aksaranesia.co. The choice of a mascot as a visual identity was based on its potential to strengthen brand image and effectively reflect the brand's goals. The aim of this study was to describe the mascot design as Aksaranesia.co's visual identity and validate its effectiveness. The design method employed was design thinking by David Kelley and Tim Brown. The mascot design process began with gathering primary and secondary data through interviews with students and experts, literature review, and comparative analysis of existing application mascots. The outcome of this design process resulted in four character designs serving as mascots for Aksaranesia.co. These characters embody expressions and personalities akin to students engaging in literacy activities using the Aksaranesia.co.
Keyword: Aksaranesia.co, Mascot, Visual Identity