Kajian Semiotika Peirce pada Komik Spawn Isu 1 Tahun 1992 Karya Todd McFarlane
Peirce's Semiotic Study on Spawn Comic Issue 1 Year 1992 by Todd McFarlane
Spawn adalah komik amerika dibawah lisensi Image Comics yang menceritakan tentang Spawn sebagai anti-hero. Proses pengilustrasian komik ini memiliki refrensi dan inspirasi yang didapat dari dunia nyata. Penelitian ini dibuat untuk mempelajari dan memahami bagaimana pengaruh unsur sosial budaya pada penggambaran karakter Spawn sebagai anti-hero dan makna yang bisa diinterpretasikan dari tanda yang bisa ditemukan. Pengkajian menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif serta didukung dengan teori semiotika milik Charles Sanders Peirce melalui tiga tahap pemaknaan berupa representamen, objek dan interpretan yang setelah itu dilakukan proses evaluasi untuk melihat pengaruh unsur sosial budaya dan makna dari pengimplementasiannya terhadap karakter Spawn. Hasil dari pengkajian pada komik ini menemukan pengaruh sosial budaya terhadap penggambaran yang ada pada karakter “Spawn” dan makna yang bisa di interpretasikan. Penelitian ini penting untuk dilakukan agar lebih memahami detail kecil yang ada pada suatu tanda secara visual yang bisa dipahami dari berbagai aspek dan sudut pandang sebagai bentuk kepekaan terhadap pesan yang coba dikomunikasikan dalam bentuk visual sebagaimana peran dkv untuk menyampaikan pesan secara visual.
Kata Kunci: Sosial Budaya, Komik Spawn, Visual, Semiotika, Peirce
Spawn is an American comic licensed by Image Comics which tells the story of Spawn as an anti-hero. The process of illustrating this comic has references and inspiration obtained from the real world. This research was created to study and understand how socio-cultural elements influence the depiction of Spawn's character as an anti-hero and the meaning that can be interpreted from the signs that can be found. The study uses a descriptive analytical method with a qualitative approach and is supported by Charles Sanders Peirce's semiotic theory through three stages of meaning in the form of representation, object and interpretant, after which an evaluation process is carried out to see the influence of socio-cultural elements and the meaning of their implementation on Spawn's character. The results of the study on this comic found socio-cultural influences on the depiction of the "Spawn" character and the meaning that can be interpreted. This research is important to carry out in order to better understand the small details of a sign visually which can be understood from various aspects and points of view as a form of sensitivity to the message that is trying to be communicated in visual form, as is the role of DKV in conveying messages visually.
Keywords : Social Culture, Spawn Comic, Visual, Semiotics, Peirce