Praanggapan dalam Iklan Vogel Checkt DHL di Youtube
Presumptions in DHL's Vogel Checkt Ads on Youtube
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk praanggapan serta mendeskripsikan jenis-jenis praanggapan berdasarkan teori George Yule dalam iklan Vogel Checkt DHL di Youtube. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan merupakan kata, frasa, maupun kalimat yang memiliki indikator praanggapan pada iklan Vogel Checkt DHL di Youtube. Data tersebut dianalisis melalui 5 tahapan, yaitu pengidentifikasian pada data, mengklasifikasi data, mendeskripsikan data, menyimpulkan data, serta menyajikan hasil analisis data. Peneliti menyimpulkan bahwa hasil penelitian ini terdapat sebanyak 9 kata, 8 frasa, dan 4 kalimat data yang memiliki indikator praanggapan, dengan klasifikasi sebagai berikut : 5 jenis praanggapan eksistensial, 12 jenis praanggapan leksikal, 1 jenis praanggapan faktif, 1 jenis praanggapan struktural, 1 jenis praanggapan non-faktif, dan 1 jenis praanggapan konterkfaktual.
This study aimed to describe the form of presupposition and describe the types of presupposition based on George Yule's theory in Vogel Checkt DHL advertisements on Youtube. This research is a descriptive qualitative research with documentation method. The data sources used are words, phrases, and sentences that have indicators of presupposition in Vogel Checkt DHL advertisements on Youtube. The data were analyzed through 5 stages, namely identifying the data, classifying the data, describing the data, concluding the data, and presenting the results of data analysis. The researcher concluded that the results of this study there are as many as 9 words, 8 phrases, and 4 sentences of data that have indicators of presumption, with the following classification: 5 types of existential presupposition, 12 types of lexical presupposition, 1 type of factual presupposition, 1 type of structural presupposition, 1 type of non-factive presupposition, and 1 type of counterfactual presupposition.