ABSTRAK
Yulianto, Iwan. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student
Team Achievement Division) Berbantu Media Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar
Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMA Trimurti Surabaya. Pembimbing:
(I) Prof. Dr. Warsono M.S., dan (II) Drs. Nasution, M.Hum, M.Ed., Ph.D.
Kata-kata Kunci: STAD, Quizizz, motivasi belajar, hasil belajar.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbantu
media Quizizz yang berdampak pada perubahan secara konsisten dari motivasi dan hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia
Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pretest-posttest control group
design . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA kelas XI yang
ditentukan dengan teknik purposive sampling . Dengan berbantu media
Quizizz, kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan model STAD
dan kelas kontrol menggunakan model pengajaran langsung (Direct Teaching ).
Kedua kelas penelitian diukur motivasi dan hasil belajarnya dengan menggunakan
angket dan tes pengetahuan. Data yang diperoleh diuji menggunakan Independent
sample t-test baik pada data pretest maupun posttest untuk
melihat perbedaan di kedua kelas penelitian, serta Paired sample t-test
untuk melihat perbedaan dari pretest dan posttest hasil belajar.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kedua kelas penelitian mengalami perubahan secara positif
pada motivasi dan hasil belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen yang
diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu media Quizizz menunjukkan
motivasi dan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model pengajaran
langsung. Penilaian akhir menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik
dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,001<0,05 artinya terdapat perbedaan
signifikan. Nilai hasil belajar pada posttest pengetahuan menunjukkan Sig.
(2-tailed) 0,002<0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan. Adanya
perbedaan signifikan menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran STAD
berbantu media Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Adanya pengaruh model pembelajaran yang diterapkan juga dilihat berdasarkan
perhitungan pretest dan posttest yang menunjukkan Sig.
(2-tailed) 0,000<0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan.
Berkaitan dengan tujuan penelitian, hasil penelitian menunjukkan
bahwa model pembelajaran STAD berbantu media Quizizz berpengaruh
signifikan yang berdampak pada perubahan motivasi belajar dan hasil belajar
peserta didik.