MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP DR. SOETOMO SURABAYA
EXTRACURICULAR SPORT MANAGEMENT SMP DR. SOETOMO SURABAYA
Manfaat dari olahraga bukan hanya mendapatkan jasmani yang sehat saja, tetapi juga bisa digunakan sebaga sarana rekreasi, pendidikan, peningkatan prestasi, bahkan untuk meningkatkan status ekonomi atau sosial kita. Tentunya untuk mendapatkan prestasi yang membanggakan tidaklah mudah, butuh pembinaan secara dini, khusus, berjenjang dan berkelanjutan serta manajemen pengelolahan yang baik melalui organisasi atau sekolah didalamnya. Secara garis besar, ekstrakurikuler dan manajemen saling berkaitan supaya bisa berjalan dengan baik dan tertata dengan rapi maka sekolah perlu memiliki manajemen yang baik direncanakan sejak awal, sehingga dapat mencapai tujuan yang telah dicapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen ekstrakurikuler olahraga di SMP Dr. Soetomo Surabaya yang meliputi 3 fungsi yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian non-eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket yang berisi butir-butir item pertanyaan. Hasil perencanaan siswa senilai 1222 persentase 86,7%, Kepala Sekolah dan Pelatih senilai 186 persentase 82,7%. Hasil dari pelaksanaan siswa senilai 2210 persentase 85,5%, pelaksanaan Kepala Sekolah dan Pelatih senilai 152 persentase 86,9%. Hasil evaluasi siswa senilai 1000 persentase 85,1%, evaluasi Kepala Sekolah dan Pelatih senilai 116 persentase 77,3%.
Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh dari jumlah 52 responden, hasil skor rata-rata 4886 dengan presentase 85,4% sehingga bisa dikatakan manajemen ekstrakurikuler olahraga yang ada di SMP Dr. Soetomo Surabaya sudah dikelola dengan sangat baik.
Kata kunci: manajemen, ekstrakurikuler, olahraga.
The benefits of exercise not only get a healthy body, but can also be used as a means of recreation, education, achievement improvement, even to improve our economic or social status. Of course, to get a proud achievement is not easy, it requires early, special, tiered and sustainable coaching and good management management through the organization or school within it. Broadly speaking, extracurricular and management are interrelated so that they can run well and are neatly arranged so the school needs to have good management planned from the beginning, so that it can achieve the goals that have been achieved.
This study aims to find out how sports extracurricular management in Dr. Soetomo Surabaya which includes 3 functions, namely: planning, implementation, and evaluation. The type of research used is quantitative descriptive with non-experimental research designs. This research method uses an instrument in the form of a questionnaire containing question items. The results of student planning are equal to 1222, the proportion of 86.7%, of principals and trainers of 186 to the proportion of 82.7%. The results of the implementation of students amounted to 2210, the proportion of 85.5%, and the implementation of the Principals and Trainers of 152 the proportion of 86.9%. The results of the student evaluation amounted to 1000 the proportion of 85.1%, the evaluation of the principal and trainers of 116 the proportion of 77.3%.
Based on the results of data that has been obtained from the number of 52 respondents, the average score of 4886 with a percentage of 85.4% so that it can be said that sports extracurricular management in SMP Dr. Soetomo Surabaya has been very well managed.
Keywords: management, extracurricular, sports.