Penelitian ini diawali dari perlunya konselor maupun guru BK mengetahui teori konseling baru yang ada untuk mengikuti perkembangan zaman dan menambah pengetahuan. Adanya teori konseling yang bernama Dialectical Behavior Therapy (DBT), membuat peneliti ingin tahu bagaimana konsep dan juga teori konseling tersebut. Belum adanya referensi mengenai DBT menjadi latar belakang peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai teori konseling “Dialectical Behavior Therapy”.
Jenis penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau yang disebut dengan Library Research. Studi kepustakaan adalah suatu metode yang dapat digunakan dalam penelitian dengan membaca dan menelaah hal-hal yang berkaitan dengan obyek yang akan diteliti. Melalui 5 buku dan 8 jurnal mengenai Dialectical Behavior Therapy, dapat diketahui beberapa fokus kajian yang dikaji.
Hasil penelitian ini tersusunnya kajian teori konseling Dialectical Behavior Therapy yang merujuk pada komponen-komponen 5 buku dan 8 jurnal internasional serta maskan dari dosen pembimbing yaitu: Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun dan mendeskripsikan: 1)sejarah perkembangan dan tokoh pencetus DBT, 2)konsep utama DBT, 3)tujuan dari konseling DBT, 4)teori dan prosedur DBT, 5)keberhasilan DBT, 6)ruang lingkup dan sasaran DBT, 7)saran dan rekomendasi dari teori konseling DBT.
This research begins with the need for counselors to know about counseling theories that are available to keep up with the times and increase knowledge. The existence of counseling theories called Dialectical Behavior Therapy (DBT), makes researchers want to know how the concept and theory of counseling is. The absence of references regarding DBT is the background of researchers to conduct research. This study aims to provide insight into "Dialectical Behavior Therapy" counseling techniques.
The type of this research method is using library study or what is called Library Research. Library research is a method that can be used in research by reading and examining matters relating to the object to be examined. Through 5 books and 8 journals on Dialectical Behavior Therapy, some of the focus of the study can be seen.
The results of this study compose a study of Dialectical Behavior Therapy counseling techniques that refers to the components of 5 books and 8 international journals as well as input from supervisors, namely: The purpose of this research is to compile and describe: 1) the history of development and the originator of DBT, 2) the main concept of DBT, 3) objectives of DBT counseling, 4) DBT techniques and procedures, 5) DBT success, 6) DBT scope and objectives, 7) suggestions and recommendations from DBT counseling techniques.