ABSTRAK
Nama : Sulih Aji Pangestu
NIM : 17010024082
Program Studi : S-1 Teknologi pendidikan
Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media Multimedia Interaktif yang telah dikembangkan sesuai dengan tujuan dan karakteristik materi pokok Unsur Kebahasaan Penyebutan Anggota Keluarga mata pelajaran Bahasa Jepang di SMA Negeri 19 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdapat lima tahapan yaitu Analyze (analisis data), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Pengumpulan data dilakukan menggunakan Teknik observasi untuk awal penelitian, wawancara, dan angket untuk mengetahui kelayakan media. Analisis data angket menggunakan pengukuran dengan skala Linkert, hasil pengukuran menunjukkan presentase dari penilaian para ahli, dari Uji kelayakan materi Unsur Kebahasaan Penyebutan Anggota Keluarga oleh ahli materi adalah sebesar 82%. Uji kelayakan media Multimedia Interaktif oleh ahli media adalah sebesar 84%, dan uji kelayakan bahan penyerta oleh ahli bahan penyerta adalah sebesar 97%. Ketiga hasil tersebut termasuk dalam kriteria penilaian Baik dan Layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Multimedia Interaktif materi Unsur Kebahasaan Penyebutan Anggota Keluarga mata pelajaran Bahasa Jepang telah layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran peserta didik kelas X SMA Negeri 19 Surabaya.
ABSTRACT
Study Program : Educational Technology
Major : Curriculum and Educational Technology
Faculty : Faculty of Education
Institute : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.
This study aims to determine the feasibility of the Interactive Multimedia media that has been developed in accordance with the objectives and characteristics of the subject matter of the Language Elements of Family Members in the Japanese Language at SMA Negeri 19 Surabaya. This type of research is development research using the ADDIE model which consists of five stages, namely Analyze (data analysis), Design (planning), Development (development), Implementation (application), Evaluation (evaluation). Data the collection was carried out using observation techniques for initial research, interviews, and questionnaires to determine the feasibility of the media. Analysis of questionnaire data using measurements with the Linkert scale, the measurement results show the percentage of the expert's assessment, from the feasibility test of the material for the Linguistic Elements of the Mention of Family Members of material experts are 82%. The feasibility test for Interactive multimedia media by media experts is 84%, and the feasibility test for accompanying materials by companion material experts is 97%. The three results are included in the Good and Eligible assessment criteria. So it can be concluded that the development of Interactive Multimedia media material on Linguistic Elements of the Mention of Family Members in Japanese is appropriate and can be used in the learning activities of class X students of SMA Negeri 19 Surabaya.