Analisis Strategi Persaingan Cafe di Tuban dengan Metode Game Theory (Teori Permainan)
Analysis of Competition Strategy of Cafe in Tuban with Game Theory Method
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis strategi perersaingan pada brand cafe. Data yang digunakan untuk penelitian ini diambil dengan cara membagikan kuisioner. Kuisioner dibagikan kepada 100 masyarakat Tuban. Angket ini digunakan untuk mengumpulkan data brand cafe yang sering dikunjungi oleh para masyarakat Tuban dan alasan mengapa mereka memilih cafe tersebut. Pada data yang diperoleh, dapat ditemukan bahwa cafe Belikopi dan cafe Konco Dolan merupakan cafe yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Tuban. Untuk menentukan strategi yang paling optimal bagi kedua brand cafe, maka akan dianalisis menggunakan metode teori permainan. Ada tiga kategori yang dapat dijadikan strategi oleh kedua cafe, yaitu 3S yang meliputi strategi harga terjangkau, strategi kualitas produk, dan strategi tempat nyaman. 3S tersebut diharapkan dapat menjadi acuan kedua cafe mengenai strategi yang tepat untuk diterapkan pada kedua cafe tersebut. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3S yang digunakan oleh cafe Belikopi dan cafe Konco Dolan. Dalam permainan ini, Belikopi diposisikan sebagai pemain baris dan Konco Dolan sebagai pemain kolom. Dalam game theory pada persaingan antar brand cafe ini akan menggunakan strategi tunggal. Hasil dari penelitian ini adalah cafe Belikopi disarankan agar menggunakan strategi harga terjangkau, sedangkan untuk cafe Konco Dolan disarankan agar menggunakan strategi tempat nyaman untuk hasil penjualan yang lebih maksimal
The purpose of this study was to analyze the competitive strategy of the cafe brand. The data that used for this research was taken by distributing questionnaires. Questionnaires were distributed to 100 people in Tuban. This questionnaire was used to collect data on cafe brands that were frequently visited by the people of Tuban and the reasons why they chose the cafe. In the data, it can be found that Belikopi cafe and Konco Dolan cafe are the cafes that are most visited by the people of Tuban. To determine the optimal strategy for the two cafe brands analyzed using game theory. There are three categories that can be used as a strategy by the two cafes, namely 3S which includes an affordable price strategy, product quality strategy, and a comfortable place strategy. The 3S is expected to be a reference for the two cafes regarding the right strategy for the two cafes. The variable used in this research is 3S which is used by Belikopi cafe and Konco Dolan. In this game, Belikopi is a row player and Konco Dolan is a column player. In game theory, competition between cafe brands will use a single strategy. The results of this study are Belikopi uses an affordable price strategy, while Konco Dolan uses a comfortable place strategy.