ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK IPA SMP KELAS VII, VIII DAN IX
ANALYSIS OF SCIENCE PROCESS SKILLS IN ELECTRONIC SCIENCE SCHOOL BOOKS OF FIRST GRADES VII, VIII AND IX
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat representasi keterampilan proses sains pada Buku Sekolah Elektronik IPA SMP kelas VII, VIII dan IX yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan coding system. Objek dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik IPA SMP kelas VII, VIII dan IX dengan kriteria buku Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan dalam bentuk buku elektronik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi yang digunakan untuk menganalisis ketersediaan indikator keterampilan proses sains. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah indikator keterampilan proses sains yang tersedia pada setiap buku berbeda. Pada ketiga buku tersebut, indikator yang paling banyak ialah interpretasi data dengan rata-rata persentase 87,63%, kemudian merumuskan hipotesis dengan rata-rata persentase 8,26%, merancang eksperimen dengan rata-rata persentase 3,42% , dan untuk indikator merumuskan masalah dengan persentase rata-rata 1,6%. Saran untuk penerbit adalah buku yang diterbitkan sebaiknya mengandung indikator keterampilan proses sains terintegrasi dengan proporsi lebih banyak daripada indikator keterampilan proses sains dasar sebagai pengenalan keterampilan proses sains di tingkat SMP sebelum menuju jenjang yang lebih tinggi.
Kata Kunci : keterampilan proses sains, buku teks, interpretasi data
This study was conducted with the aim of knowing the level of representation of Science Process Skills (SPS) in the seventh, eighth and ninth grade science electronic school books published by the Center for Curriculum and Books. The research method used is descriptive quantitative with coding system. The objects in this study were the Class VII, VIII and IX IPA Electronic School Books (BSE) with the criteria for the 2013 curriculum books published by the Center for Curriculum and Books in the form of electronic books. The instrument used in this study was the observation sheet used to analyze the availability of aspects of Science Process Skills. The data analysis technique used iscontent analysis. The results from this study are indicators of science process skills (SPS) which are available in different books. In the three books, the most common indicator is data interpretation with an average percentage of 87.63%, then formulating hypotheses with an average percentage of 8.26%, designing experiments with an average percentage of 3.42%, and for indicators formulate a problem with an average percentage of 1.6%. Suggestions from researchers are books to be published should contain a better indicator of a science process skills integrated at a greater proportion than a basic science proses skills to identify a science process skill a a junior high school level before heading for the higher ranks.
Keywords : science process skills, textbooks, data interpretation