Penggunaan smartphone yang dimiliki siswa dan guru sebagian besar hanya digunakan untuk chatting, telepon, sms dan menggunakan media sosial. Hanya sedikit yang digunakan untuk pemanfaatan pembelajaran dalam dunia pendidikan. Penelitian ini diadakan untuk memanfaatkan smartphone untuk kegiatan pembelajaran menggunakan aplikasi mobile learning yaitu Moodle Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan media moodle mobile untuk pembelajaran sistem komputer di SMK (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media moodle mobile untuk pembelajaran sistem komputer di SMK.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Lamongan dengan sampel 2 kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis uji T independen dua sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan moodle mobile sangat baik. Dari aspek Operability, Learnability, Understandability, dan Attrativeness masing-masing mencapai skor 91,07%, 86,13%, 86,80%, 87,36%. Dari hasil analisis belajar siswa dari kedua kelas dengan menggunakan uji T independen dua sampel menunjukkan bahwa nilai uji T mencapai 0,046 dimana nilai tersebut di bawah nilai signifikansi yaitu 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 sehingga hasilnya adalah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran Moodle Mobile.
The use of smartphones owned by the students and teachers mostly only used to chat, phone, sms, and using social media. Only a few are used for instructional use in education. This study was conducted to utilize the smartphone for learning activities using mobile learning application called Moodle Mobile. This research aims to (1) Knowing the students response to the application of moodle mobile on computer system at vocational school (2) Knowing the learning outcomes of students who use application of moodle mobile on computer system in vocational school.
The method used in this research is ADDIE research methods. This research was conducted at State Vocational School 2 Lamongan with samples of two X classes aat Department of Computer Engineering and Networks. The data analysis used using independent T-test two samples analysis.
The results showed that the students response to the use of mobile moodle is very good. From the aspect of Operability, Learnability, Understandability, and Attrativeness each achieved a score of 91.07%, 86.13%, 86.80%, 87.36%. From the analysis of study for students from both classes using independent T-Test two samples indicates that the T-Test value reached 0,046 where the value is below the significance value of 0.05 which indicates that H0 refused and accept H1, so the result is differences in learning outcomes between students who use conventional learning media with Moodle Mobile.