MEDIA VIDEO CERITA FABEL UNTUK KETERAMPILAN MENULIS ANAK SPEKTRUM AUTIS
FABLE STORY VIDEO MEDIA FOR WRITING SKILLS FOR AUTIST SPECTRUM CHILDREN
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta bahwa anak spektrum autis kesulitan untuk menulis. Sehingga diperlukan media agar dapat meningkatkan keterampilan menulis anak spektrum autis. Salah satunya adalah media audiovisual berupa video cerita fabel. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media video cerita fabel dalam pembelajaran menulis cerita bagi anak spektrum autis. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang menganalisis beberapa artikel pada jurnal nasional dan internasional serta temuan sebelumnya yang berkaitan dengan judul penelitian. Pencarian data dilakukan dengan mengakses platform digital terindeks yakni SINTA, Garuda, Science Direct, Crossref Metadata, maupun Google Scholar. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara keterampilan menulis cerita anak spektrum autis yang diajarkan menggunakan media video fabel dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penggunaan media video cerita fabel dapat menstimulasi belajar menulis, tidak hanya belajar menulis setiap huruf tetapi juga urutan yang benar untuk menghasilkan sebuah kata dan kalimat dalam menulis cerita. Anak spektrum autis yang tidak dapat secara mandiri menulis cerita, dapat menulis dengan lancar, terbaca dan ada peningkatan pada sejumlah dimensi penulisan seperti urutan, ukuran dan perataan huruf dalam menulis cerita.
Kata Kunci: Video Cerita Fabel, Keterampilan Menulis, Anak Spektrum Autis.
This research was conducted based on the fact that children with autism spectrum have difficulty writing. So that media is needed in order to improve the writing skills of children with autism spectrum. One of them is audiovisual media in the form of fable story videos. The purpose of this study is to describe the use of fable story video media in learning to write stories for children with autism spectrum. This study uses a literature review method that analyzes several articles in national and international journals as well as previous findings related to the research title. Data searches are carried out by accessing indexed digital platforms, namely SINTA, Garuda, Science Direct, Crossref Metadata, and Google Scholar. Data analysis was carried out with a qualitative descriptive approach. The results showed that there was a significant difference between story writing skills for autistic spectrum children who were taught using fable video media and those using conventional learning. The use of fable video media can stimulate learning to write, not only learning to write each letter but also the correct sequence to produce a word and sentence in writing a story. Autistic spectrum children who cannot independently write stories, can write fluently, are legible and there is an improvement in a number of writing dimensions such as order, size and alignment of letters in writing stories.
Keywords: Fable Stories Video, Writing Skills, Autistic Spectrum Children.