ANALISIS KESALAHAN PERUBAHAN KATA SIFAT DALAM KALIMAT BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 4 SIDOARJO
ERROR ANALYSIS OF ADJECTIVE FORM CHANGE IN JAPANESE SENTENCE FOR THE STUDENTS OF XI GRADE BAHASA IN SMA NEGERI 4 SIDOARJO
Latar belakang penelitian ini adalah masih seringnya pemelajara bahasa Jepang di tingkat SMA melakukan kesalahan kususnya kesalahan perubahan bentuk kata sifat. Pemelajar mengalami kesulitan membedakan kata sifat dan perubahan bentuknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan perubahan bentuk kata sifat dalam kalimat bahasa Jepang oleh siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Sidoarjo tahun ajaran 2020/2021 dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan pemelajar melakukan kesalahan perubahan bentuk kata sifat dalam kalimat bahasa Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari hasil tes, penyebaran angket dan wawancara. Dari hasil analisis tes didapatkan hasil berikut: dari empat bentuk kesalahan, kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan salah formasi (misformation) dengan total kesalahan ada 41 kesalahan dan yang terbanyak kedua adalah salah susun (misordering) ada sebanyak 26 kesalahan, kesalahan pengurangan (omission) sebanyak 15 kesalahan dan kesalahan penambahan (addition) sebanyak 10 kesalahan. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis angket dan wawancara faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yaitu 1) Pengaruh bahasa Ibu/ Bahasa asing yang dipelajari sebelumnya, 2) Pemahaman materi bahasa Jepang siswa yang kurang, 3) Penjelasan pengajar yang kurang Jelas, 4) Usia belajar bahasa Jepang yang masih sebentar, 5) Kurangnya waktu belajar siswa diluar jam pelajaran.
Kata Kunci: analisis kesalahan, perubahan bentuk kata sifat, kalimat, faktor penyebab kesalahan.
The background of this research is that Japanese language learners at the high school level often make mistakes, especially in terms of changing the form of adjectives in Japanese sentence. Learners have difficulty distinguishing adjectives and their changing forms. The purpose of this research is to describe the forms of error changes in the form of adjectives in Japanese sentences for the students of XI grade bahasa in SMA Negeri 4 Sidoarjo in academic year 2020/2021 and describe the factors that cause learners to make mistakes in changing the form of adjectives in Japanese sentences.
The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. Research results obtained from test, analysis of questionnaires and interviewes. The test and questionnaires are distributed by google form. The test result used to describe the error forms of changing adjectives form, and the result of questionnaires and interviewes used to describe the factors causing errors.
From the analysis of the test results, the following results were obtained: there are four error form, from the four forms of error, the most errors made by learners were misformation errors with total of 41 errors. The second most common was misordering, there were 26 errors. Then omission there are 15 errors. The last addition there are 10 errors. Furthermore, based on the results of the analysis of questionnaires and interviewes, the factors that cause errors are 1) Influence of the mother tongue or the previously studied foreign language, 2) the lack of understanding Japanese language material, 3) the teacher’s explanation is unclear, 4) the age of Japanese language acquisition too short, 5) the lack of time to studying Japanese language outside the Japanese classes.
Keywords: errors analysis, changing adjectives forms, sentence, factor causing errors.