"PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN VIDEO MATERI DRIBBLE BOLA BASKET BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL KOGNITIF BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 30 SURABAYA”
“THE INFLUENCE OF VIDEO LEARNING RESULTS ON BASKETBALL DRIBBLE MATERIALS
E-LEARNING ON COGNITIVE LEARNING OUTCOMES OF CLASS IX STUDENTS AT SMP NEGERI 30 SURABAYA"
Bola basket adalah olaharaga yang membutuhkan kerja sama untuk memperkuat pertahanan dan kemenangan. Keterampilan dasar dalam permainan sepak bola salah satunya yaitu Dribble. Pembelajaran Dribble menggunakan media video pembelajaran yang bisa untuk meningkatkan hasil belajar para peserta didik. Pendidikan ialah hal yang penting di era sekarang ini, bahkan termasuk dalam kebutuhan setiap manusia karena dengan mendapatkan ilmu pendidikan maka manusia mendapatkan kualitas hidup. Pendidikan ialah salah satu faktor pendukung untuk kemajuan suatu negara, dengan tingkat pendidikan yang tinggi akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Teknologi harus ditingkatkan untuk membantu orang beroperasi lebih efisien, tetapi juga dapat digunakan untuk memajukan pengetahuan dan membuat produk lebih efektif. Untuk menghasilkan peserta didik yang terdidik dan mewujudkan kehidupan bernegara sebagaimana yang disyaratkan oleh UUD 1945, teknologi pendidikan juga harus dikembangkan secara maksimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah (1) Mengetahui pengaruh hasil belajar mengenai E-Learning pada materi pembelajaran dribble bola basket pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan untuk kelas IX A di SMP Negeri 30. (2) Mengetahui seberapa pengaruh E-Learning pada materi pembelajaran dribble bola basket pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan besarnya pengaruh E-Learning untuk kelas IX A di SMP Negeri 30 Surabaya. Sampel dari siswa kelas XI A sebanyak 34 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian mengenai pengaruh media video pembelajaran berbasis E-Learning terhadap hasil belajar Dribble bola basket, hasil pembelajaran berbasis E-learning terhadap hasil belajar kognitif pada kelas XI A SMP NEGERI 30 Surabaya hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil dari uji paired sample t test dengan nilai yang signifikan 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Pembelajaran E-Learning, Dribble, Bola Basket
Basketball is a sport that requires teamwork to strengthen defense and win. One of the basic skills in the game of soccer is Dribble. Dribble learning uses learning video media which can improve students' learning outcomes. Education is an important thing in the current era, it is even included in the needs of every human being because by obtaining educational knowledge, humans gain quality of life. Education is one of the factors supporting the progress of a country, with a high level of education it will produce quality human resources. Technology must be improved to help people operate more efficiently, but it can also be used to advance knowledge and make products more effective. To produce educated students and realize state life as required by the 1945 Constitution, educational technology must also be developed optimally. The objectives to be achieved in the research are (1) Knowing the influence of learning outcomes regarding E-Learning on basketball dribble learning material in Physical Education, Sports and Health subjects for class IX A at SMP Negeri 30. (2) Knowing how big the influence of E-Learning is. Learning on basketball dribble learning material in Physical Education, Sports and Health subjects has a big influence on E-Learning for class IX A at SMP Negeri 30 Surabaya. The sample of class XI A students was 34 students. This research uses quantitative research. Research regarding the influence of E-Learning based video learning media on Dribble basketball learning outcomes, E-learning based learning outcomes on cognitive learning outcomes in class XI A SMP NEGERI 30 Surabaya, this can be proven by the results of the Paired Sample t Test with values significant 0.000 < 0.05.
Keywords: E-Learning, Dribble, Basketball