AKTIVITAS BERJALAN DI ATAS PAPAN TITIAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN
THE ACTIVITY OF WALKING ON A FOOTBRIDGE ON THE DEVELOPMENT OF ROUGH MOTORCY IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Keterampilan motorik kasar merupakan kemampuan menggerakkan tubuh dengan menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruhnya keterampilan motorik kasar tubuh diperlukan anak untuk duduk, menendang, berlari, naik turun tangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas berjalan di atas papan titian berpengaruh terhadap perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi-Experiment). Desain penelitian ini adalah pretest and posttest (the one group pretest posttest design). Penelitian ini dilakukan di TK Islam Asfiyah Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya Jawa Timur. Waktu pelaksanaan praktek dilapangan selama 7 minggu dengan durasi latihan 2 kali per minggu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di TK Islam Asfiyah aktif dalam melakukan berjalan di atas papan titian dengan jumlah siswanya 45 orang. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling yaitu tehnik pengambilan sampel dengan jumlah sampel sama dengan populasi. Instrumen penelitian yang saya lakukan dengan menggunakan tes berjalan maju tangan di rentangkan, berjalan menyamping tangan di rentangkan, berjalan maju tangan di pinggang, berjalan maju tangan di lipat depan dada, dan berdiri satu kaki sikap kapal terbang. Tehnik pengambilan pada penelitian ini menggunakan Wilcoxon. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan Sig (2-tailed) terdapat pengaruh aktivitas berjalan di atas papan titian terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Islam Asfiyah Lidah Wetan dengan tes berjalan maju tangan di rentangkan, berjalan menyamping tangan di rentangkan, berjalan maju tangan di pinggang, berjalan maju tangan di lipat depan dada, dan berdiri satu kaki sikap kapal terbang. Terbukti bahwa nilai Sig. (2-tailed) dari lima indikator tersebut < 0,05.
Kata Kunci : Papan Titian, Motorik Kasar, Anak Usia Dini, dan Keseimbangan.
Gross motor skills are the ability to move the body using large muscles, most or all of the body's gross motor skills are needed by children to sit, kick, run, go up and down stairs. The aim of this research is to determine the effect of walking on a boardwalk on gross motor development in children aged 5-6 years. The method used in this research is quasi-experiment. The design of this research is pretest and posttest (the one group pretest posttest design). This research was conducted at the Asfiyah Lidah Wetan Islamic Kindergarten, Lakarsantri District, Surabaya, East Java. The practice time in the field is 7 weeks with a training duration of 2 times per week. The population in this study were all students at Asfiyah Islamic Kindergarten who were active in walking on the boardwalk with a total of 45 students. The sampling technique in this research is total sampling, namely a sampling technique with the number of samples equal to the population. The research instruments that I carried out were using tests of walking forward with arms outstretched, walking sideways with arms outstretched, walking forward with hands on the waist, walking forward with hands folded in front of the chest, and standing on one leg in an airplane stance. The collection technique in this study used Wilcoxon. The conclusion in this study shows that there is a significant Sig (2-tailed) influence of the activity of walking on the boardwalk on the gross motor development of children aged 5-6 years at the Asfiyah Lidah Wetan Islamic Kindergarten using the outstretched hands forward walking test, walking sidewaysarms outstretched, walking forward with hands on your waist, walking forward with your hands folded in front of your chest, and standing on one leg in an airplane stance. It is proven that the Sig value. (2-tailed) of the five indicators < 0.05.
Keywords: Titian, Raw Motorics, Early Childhood, and Balance.