ABSTRAK
Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membilang Anak Kelompok A Di TK Dharma Wanita II Pecuk, Nganjuk
Nama : Rio Dwi Setiawan
NIM : 15010684057
Jurusan : S-1 PG PAUD
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Rachma Hasibuan, M. Kes
Membilang adalah kemampuan anak untuk mengetahui berapa banyak benda dan sebagai dasar pembelajaran matematika anak. Kemampuan anak membilang yang berkaitan dengan konsep matematika dan bilangan dapat membantu anak dalam membilang dengan jari, membilang dengan benda-benda disekitar, mengembakan kemampuan membilang dapat dilakukan melalui media yang dapat menarik anak untuk mau belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan membilang anak kelompok A di TK Dharma Wanita II Pecuk, Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre - Eksperimental Design dan jenis penelitian One-Group Pre-test Post-test Design. Sasaran penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita II Pecuk, Nganjuk dengan jumlah 16 Anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon yang menunjang pembuktian adanya pengaruh antar dua variabel.
Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum treatment adalah 6,94 sedangkan hasil rata-rata setelah treatment adalah 11. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon menujukkan adalah 0 dan adalah 29 dengan taraf signifikansi 5%. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media big book terhadap kemampuan membilang anak .
Kata Kunci: Media big book, kemampuan membilang.
ABSTRACT
The Effect of Big Book Media towards Counting Ability of Early Childhood A Group in TK Dharma Wanita II Pecuk, Nganjuk
Name : Rio Dwi Setiawan
Degree : S-1
Major : Early Chilhood Education
Name of Institution :State University Of Surabaya
Advisor :Dr. Rachma Hasibuan, M. Kes
Counting is children’s ability to understand how much the good are and becoming the basic learning of mathematic through the kids. Children’s ability in counting related to the concept of mathematic and numeral could help the children in counting using fingers, counting by using the things around them. Developing children’s counting can be done through the media which can make the children interested to learn. The aim of this research is to understand the influence of big book media towards counting ability of early childhood A group in TK Dharma Wanita Pecuk II Pecuk, Nganjuk.
This research applies qualitative approach supported by Pre-Experimental Design and kind of On-Group Pre-test Post-test Design. The focus of this research is A group of students in TK Dharma Wanita II Pecuk, Nganjuk consist of 16 students. Technique of collecting the data is observation and documentation. Data analysis uses statistic non parametric marked Wiloxon level test that supports the proof of 2 variables which effected each other.
Based on the result, the average before doing treatment is 6,49, while the result after doing treatment is 11. Marked Wiloxon level test results provide Thitung is 0 and Ttabel is 29 with significance degree 5%. The conclusion of the research provides that there is significant influence between big book media towards counting abilities of children.
Key words : big book media, counting ability.