Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
PENGEMBANGAN BUKU TUTORIAL PERMAINAN PAINT AND RUN UNTUK MATERI PEMBELAJARAN RAGAM HIAS DI MAN SIDOARJO
Kode Dokumen
:
0020/FBS-PRUPA/2024
Penulis Utama
:
Resya Shifa Febrina
NIM Penulis Utama
:
19020124014
Tahun
:
2024
Judul ID
:
PENGEMBANGAN BUKU TUTORIAL PERMAINAN PAINT AND RUN UNTUK MATERI PEMBELAJARAN RAGAM HIAS DI MAN SIDOARJO
Judul EN
:
DEVELOPMENT OF A PAINT AND RUN GAME TUTORIAL BOOK FOR DECORATIVE LEARNING MATERIALS AT MAN SIDOARJO
Sumber
:
UNESA - Fakultas Bahasa dan Seni - Jurusan S1 Pendidikan Seni Rupa - 19020124014 - 2024
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Media Permainan dapat memicu siswa untuk ikut serta secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mampu meningkatkan kreativitas serta motivasi belajar, salah satunya dalam pembelajaran seni budaya di sekolah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations dengan subjek penelitian siswa kelas XI - 3 MAN Sidoarjo yang berjumlah 39 siswa. Terdapat 4 teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Validasi dilakukan 2 tahap yaitu validasi ahli materi dan ahli media & desain. Hasil penelitian melalui 3 tahapan penyusunan yaitu kerangka penyusunan dan perencanaan buku, pengumpulan bahan berupa materi dan gambar, serta membuat tata letak isi dan evaluasi buku. Hasil validasi ahli materi dan media telah mendapatkan kesimpulan keseluruhan nilai persentase 92%. Dalam perhitungan hasil angket respon siswa didapatkan hasil persentase 86%. Tahap uji coba permainan paint and run menghasilkan 8 karya siswa dengan tema ragam hias dan mendapatkan nilai 90 tertinggi dan terendah mendapatkan nilai 80. Hasil responden guru seni budaya mendapatkan nilai persentase yaitu 100%. Dalam perhitungan hasil angket didapatkan hasil yang menyatakan bahwa produk buku sangat layak atau sangat baik untuk pembelajaran seni budaya materi ragam hias di sekolah. Kata Kunci: tutorial, paint and run, ragam hias
Abstrak EN
:
Game Media can trigger students to actively participate in teaching and learning activities and be able to increase creativity and motivation to learn, one of them is in learning cultural arts at school. This research uses the ADDIE development model, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations with the research subject of class XI - 3 MAN Sidoarjo students totaling 39 students. There are 4 data collection techniques, namely observation, interviews, questionnaires and documentation. While data validation is carried out in 2 stages, namely validation of material experts and media & design experts. The results of the study went through 3 stages of preparation, namely the preparation framework and planning of the book, collecting materials in the form of materials and images, as well as making content layout and book evaluation. The results of the validation of material and media experts have obtained an overall conclusion of a percentage value of 92%. In calculating the results of the student response questionnaire, the percentage result is 86%. The trial stage of the paint and run game produced 8 student works with the theme of decorative variety and got the highest score of 90 and the lowest score of 80. The results of cultural arts teacher respondents get a percentage value of 100%. In the calculation of the questionnaire results obtained results stating that the book product is very feasible or very good for learning cultural arts decorative materials at school. Keywords: tutorial, paint and run, decorative varieties
Link Artikel
File Abstrak
File Lampiran