PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DAN SERVIS ATAS BOLA VOLI DI SMA LABSCHOOL UNESA 1
THE INFLUENCE OF AUDIOVISUAL LEARNING MEDIA ON THE LEARNING OUTCOMES OF UNDERHAND AND OVERHAND VOLLEYBALL SERVES AT SMA LABSCHOOL UNESA 1
Nama : Dina Dwi Alfiana Putri
NIM : 1906464107
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Fakultas : Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes.
Pendidikan jasmani ialah bagian dari pendidikan yang menitikberatkan pada aktivitas fisik, yang esensial dalam pembelajaran. Tujuan utama dari pendidikan jasmani adalah meningkatkan keterampilan fisik, kemampuan motorik, kontrol emosi, dan gaya hidup sehat melalui program-program kegiatan fisik, olahraga, dan kesehatan yang tersusun secara terencana. Berdasarkan observasi yang dilakukan, saat pembelajaran PJOK khususnya materi bola voli, masih banyak siswa di SMA Labschool Unesa 1 yang kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran. Peneliti memakai media audio visual yang diharapkan dapat membantu membuat hasil belajar siswa naik, khususnya pada materi servis atas dan servis bawah bola voli. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar servis bawah dan servis atas. Jenis penelitian ini adalah ekperimen kuantitatif dengan menggunakan desain randomized control group pretest-posttest design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Mean pada kelompok eksperimen saat pretest servis bawah menunjukkan hasil 5,59 dan servis atas 5.62, lalu hasil posttest servis bawah 7.07 dan servis atas 7.21. Untuk standar deviasi pada pretest servis bawah adalah 1.701 dan servis atas 1.545, pada hasil posttest servis bawah adalah 1.602 dan servis atas 1.207. Sedangkan pada kelompok kontrol saat pretest servis bawah 5.33 dan atas 5.67 pada saat posttest servis bawah 6.80 dan servis atas 6,93. Untuk hasil standar desviasi pretest adalah 1.755 dan posttest menunjukkan hasil 2.301. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, hasil persentase dari kedua kelompok menunjukkan hasil yang rendah. Maka dari itu, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran teknik dasar bola voli, disarankan untuk lebih mengintegrasikan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran selain itu guru memberikan pembelajaran audio visual yang lebih kreatif dan disesuaikan dengan materi pelajaran dan kebutuhan siswa.
.
Kata kunci: Audio visual, bola voli, pembelajaran
Name : Dina Dwi Alfiana Putri
Study Program : S-1
Department : Physical Education Health and Recreation
Faculty : Sports and Health Sciences
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes.
Physical education is a component of education that emphasizes physical activity, which is essential in the learning process. The primary goal of physical education is to enhance physical skills, motor abilities, emotional control, and a healthy lifestyle through well-planned programs of physical activities, sports, and health. Observations indicate that during PJOK lessons, especially on volleyball material, many students at SMA Labschool Unesa 1 show a lack of interest in participating in the lessons. The researcher uses audio-visual media, which is expected to help improve students' learning outcomes, particularly in the overhand and underhand serve in volleyball. The aim of this study is to determine the impact of audio-visual learning media on the learning outcomes of overhand and underhand serves. This research is a quantitative experiment using a randomized control group pretest-posttest design that includes an experimental group and a control group. The mean pretest score for the experimental group was 5.59 for the underhand serve and 5.62 for the overhand serve, while the posttest scores were 7.07 and 7.21, respectively. The standard deviation for the pretest underhand serve was 1.701 and for the overhand serve was 1.545; for the posttest, the underhand serve had a standard deviation of 1.602 and the overhand serve had 1.207. In the control group, the pretest scores were 5.33 for the underhand serve and 5.67 for the overhand serve; the posttest scores were 6.80 and 6.93, respectively. The standard deviation for the pretest was 1.755, and the posttest showed a result of 2.301. The research results indicate that the use of audio-visual media did not significantly affect students' learning outcomes, as the percentage results from both groups were low. Therefore, it is recommended that the use of audio-visual media in teaching volleyball basic techniques should more effectively integrate technology in the learning process. Additionally, teachers should provide more creative audio-visual lessons that are tailored to the course material and students needs.
Keywords: Audiovisual, volleyball, learning.