ABSTRAK
Sekolah penyelenggara pendidikan inklusi berkewajiban menjaga komitmen dalam membangun budaya inklusi di sekolah. Budaya inklusi dapat terbangun jika komunitas sekolah memiliki disposisi positif dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi komunitas sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian non eksperimental. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket oleh kepala sekolah, guru reguler, dan orang tua siswa berkebutuhan khusus sebagai perwakilan komunitas sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneltiian ini yaitu dengan menggunakan uji mean satu populasi menggunakan statistik uji Z. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan melalui angket, diketahui bahwa disposisi komunitas sekolah penyelenggara pendidikan inklusi yang diwakili oleh disposisi kepala sekolah berada pada katagori positif sedang dengan skor 2,28; disposisi guru reguler berada pada katagori positif sedang dengan skor 2,60; dan disposisi orang tua berada pada katagori positif tinggi dengan skor 2,84.
Kata Kunci : Komunitas Sekolah, Disposisi, dan Pendidikan Inklusif.
ABSTRACT
Schools providing inclusive education are obliged to maintain a commitment to building an inclusive culture at school. Inclusion culture can be built if the school community has a positive disposition in the implementation of inclusive education. In this regard, this study aims to describe the disposition of the school community in the implementation of inclusive education.
This study uses a quantitative approach with a non-experimental research design. The method of data collection was done by filling out questionnaires by principals, regular teachers, and parents of students with special needs as representatives of the school community that organizes inclusive education. The data analysis technique used in this research is by using the mean test of one population using Z test statistics. Based on the data obtained in the field through questionnaires, it is known that the disposition of the school community that organizes inclusive education represented by the disposition of principals is in the moderate positive category with scores 2.28; the disposition of regular teachers is in the moderate positive category with a score of 2.60; and the disposition of parents is in the high positive category with a score of 2.84.
Keywords: School Community, Disposition, and Inclusive Education