PERAN ORANG TUA PADA MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
THE ROLE OF PARENTS ON CHILDREN'S LEARNING MOTIVATION IN ONLINE LEARNING IN THE PANDEMIC ERA COVID-19
Pandemi COVID-19 menyebabkan segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk pada bidang pendidikan. Peran orang tua menjadi mendorong bertambahnya pendidikan anak, khususnya dalam dan memberikan motivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran orang tua dalam memberikan motivasi pada anak dalam pembelajaran yang berani di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) upaya orang tua untuk menumbuhkan motivasi belajar anak tidak hanya dilakukan dengan memfasilitasi seluruh kebutuhan belajar anak dan dukungan dukungan secara verbal, atau dengan menerapkan apresiasi dan pengawasan, melainkan menjadi motivasi itu sendiri melalui mendampingi anak saat belajar berani, selalu bersedia membantu dan bukan memarahi jika anak menemui kesulitan dalam proses belajarnya, memberikan kenyamanan dan rasa aman pada anak, membangun hubungan yang harmonis dengan anak, menjadi model yang dapat diteladani anak, serta menjalin komunikasi yang konsisten dengan guru. (2) Kurang melibatkan anak dalam proses berlangsungnya pembelajaran menjadi faktor penyebab berkurangnya motivasi belajar anak. Sedangkan motivasi belajar anak meningkat terbukti dengan ketertarikan pada pelajaran tertentu, penyajian materi dan strategi pembelajaran yang berbasis diskusi dan aktivitas; faktor waktu, suasana, dan lingkungan belajar; memiliki keinginan menjadi yang terbaik dengan atau pun tanpa penghargaan; serta dukungan dari orang tua juga memberi semangat yang cukup besar bagi peningkatan motivasi belajar anak. (3) pelaksanaan pembelajaran yang berani pada pihak orang tua tidak cukup efektif, tetapi juga terdapat orang tua yang merasa terbantu dengan diterapkannya pembelajaran yang berani. Adanya kelemahan pada pembelajaran yang berani ini menyadari kesadaran untuk membangun koordinasi antara orang tua dan guru guna meningkatkan motivasi belajar anak.
The COVID-19 pandemic causes all activities to be carried out from home, including in the field of education. The role of parents increases in childrens education, especially in encouraging and providing motivation to study actively. This study aims to examine and describe the role of parents in motivating children in online learning during the COVID-19 pandemic. This research uses a descriptive qualitative approach. The findings show that (1) parents efforts to foster childrens learning motivation are not only carried out by facilitating all childrens learning needs and merely verbal support, or by applying appreciation and punishment, but becoming motivation itself through accompanying children when learning online, always willing to help and not scold if children have difficulties in the learning process, provide comfort and security to children, build harmonious relationships with children, become models that children can emulate, and establish consistent communication with the teacher. (2) the lack of involvement of children in the learning process is a factor in the reduced motivation to learn. Meanwhile, childrens learning motivation increased as evidenced by their interest in certain subjects, presentation of learning materials and strategies based on discussions and activities; factors of time, atmosphere, and learning environment; have a desire to be the best with or without appreciation; as well as warm support from parents also has a considerable influence on increasing childrens learning motivation. (3) the implementation of online learning on the part of parents is considered not effective enough, but some parents feel helped by the implementation of online learning. The existence of weaknesses in online learning gives awareness to build coordination between parents and teachers to increase childrens learning motivation.