Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Development of Digital Learning Media Based on Google Sites to Improve Reading Literacy of Grade V Elementary School Students
Titik Mulyaningsih, Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Surabaya, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya,2025.
Hasil dari penelitian ini bisa diakses pada link S2 Pendidikan Dasar https://s2dikdas.fip.unesa.ac.id/page/vilab-bahasa. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran digital berbasis google sites yang valid dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas V SDN Simomulyo V / 102 Surabaya. (2) Untuk menghasilkan media pembelajaran digital berbasis google sites yang praktis dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas V SDN Simomulyo V / 102 Surabaya. (3) Untuk menghasilkan media pembelajaran digital berbasis google sites yang efektif dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas V SDN Simomulyo V / 102 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yang disebut dengan metode Reaserch and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagai berikut (1) Produk media pembelajaran digital berbasis google sites yang dikembangkan untuk meningkatkan lliterasi membaca siswa kelas V dinyatakan valid digunakan dalam pembelajaran menurut ahli media dengan nilai 84 % kategori sangat valid dan menurut ahli materi dengan nilai 85 % kategori sangat valid. (2) Produk media pembelajaran digital berbasis google sites yang dikembangkan untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas V dinyatakan sangat praktis berdasarkan uji kepraktisan dari guru dengan persentase 91,25 % dan uji kepraktisan dari siswa dengan persentase 90 %. 3) Produk media pembelajaran digital berbasis google sites yang dikembangkan untuk meningkatkan lliterasi membaca siswa kelas V dinyatakan sangat efektif berdasarkan Uji keefektifan skala kecil dengan persentase 82 %,Uji keefektifan skala besar dengan persentase 92 % dan Uji keefektifan dari guru dengan persentase 88,75 %. Lliterasi membaca diukur menggunakan N Gain sebesar 0.7081 yang artinya terdapat peningkatan literasi membaca yang tinggi setelah menggunakan media pembelajaran digital berbasis Google Sites.
Kata Kunci : media, google sites, literasi membaca
ABSTRACT
Titik Mulyaningsih, Development of Digital Learning Media Based on Google Sites to Improve Reading Literacy of Grade V Elementary School Students. Thesis, Surabaya, S2 Basic Education Study Program, Faculty of Education, State University of Surabaya, 2025.
The results of this study can be accessed on the S2 Basic Education link https://s2dikdas.fip.unesa.ac.id/page/vilab-bahasa . This research aims to: (1) To produce a digital learning media based on google sites that is valid in improving the reading literacy of grade V students of SDN Simomulyo V / 102 Surabaya. (2) To produce digital learning media based on google sites that are practical in improving reading literacy of grade V students of SDN Simomulyo V / 102 Surabaya. (3) To produce digital learning media based on google sites that are effective in improving reading literacy of grade V students of SDN Simomulyo V / 102 Surabaya.
This study uses a type of development research called the Reaserch and Development (R&D) method. The development model used in this study uses a 4-D model developed by Thiagarajan. It consists of four stages of development, namely define, design, develop, and disseminate.
The results of this study show the following: (1) The google sites-based digital learning media product developed to improve the reading literacy of grade V students is declared suitable for use in learning according to media experts with a score of 84% in the very valid category and according to material experts with a score of 85% in the very valid category. (2) Digital learning media products based on google sites developed to improve reading literacy of grade V students were declared very practical based on the practicality test from teachers with a percentage of 91.25% and practicality tests from students with a percentage of 90%. 3) Digital learning media products based on google sites which was developed to improve the reading literacy of grade V students was declared very effective based on the small-scale effectiveness test with a percentage of 82%, the large-scale effectiveness test with a percentage of 92% and the effectiveness test from teachers with a percentage of 88.75%. Reading literacy was measured using an N Gain of 0.7081 which means that there was a high increase in reading literacy after using digital learning media based on Google Sites.
Keywords: media, google sites, reading literacy