Strategi Metakognitif yang Digunakan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dalam Penulisan Esai Argumentatif
Metacognitive Strategies Used By English Department Students in Argumentative Essay Writing
Menulis merupakan keterampilan bahasa yang sulit dicapai oleh mahasiswa. Dalam konteks Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing, menulis lebih sulit karena mahasiswa perlu mempertimbangkan bahasa yang tepat untuk mengekspresikan ide mereka dalam bahasa asing. Oleh karena itu, mereka menggunakan strategi menulis untuk membantu mereka memecahkan kesulitan menulis tersebut. Namun, sedikit penelitian kualitatif telah dilakukan untuk mengeksplorasi strategi metakognitif yang digunakan oleh mahasiswa sarjana, terutama di Jurusan Bahasa Inggris, dalam konteks Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing. Dengan demikian, penelitian ini mencoba mendeskripsikan bagaimana mahasiswa menggunakan strategi metakognitif dalam menulis esai argumentatif mereka. Subjek penelitian ini adalah empat orang mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dari salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya yang memiliki mata kuliah Expository and Argumentative Essay Writing. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur sehingga mahasiswa dapat dengan sukarela menguraikan jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka memiliki berbagai cara dalam menggunakan strategi metakognitif. Untuk strategi planning, semua mahasiswa menentukan topik esai mereka dan membaca beberapa sumber materi sebelum mereka menyusun outline dan membuat outline, sedangkan salah satunya juga menggunakan mapping. Untuk strategi monitoring, semua mahasiswa berusaha mengatur waktu mereka untuk menyelesaikan esai mereka dan membaca kembali esai mereka sebelum dan sesudah mereka menyelesaikannya untuk memastikan tujuan yang mereka tetapkan tercapai dan isi esai mereka terkait dengan topik. Terakhir, untuk strategi evaluating, semua mahasiswa mendapat masukan dari dosennya dan beberapa dari mereka juga mencari masukan dari rekan-rekannya. Mereka juga mengevaluasi penggunaan strategi mereka dan memutuskan untuk tetap menggunakannya meskipun mereka masih mengalami kesulitan dalam menulis.
Writing has been a complex language skill to attain by students. In the EFL context, writing is more complicated because students need to consider the appropriate language to express their ideas in a foreign language. Therefore, they use writing strategies to assist them in solving their writing difficulties. However, little qualitative research had done to explore the metacognitive strategies used by undergraduate students, especially in English Department, in the EFL context. Thus, the present study attempted to describe how the students used metacognitive strategies in their argumentative essays writing. The subjects of this study were four English Department students of one of the state universities in Surabaya, which has an Expository and Argumentative Essay Writing class. The data were collected through semi-structured interview so that the students could willingly elaborate their answers. The result showed that the students had various ways of using metacognitive strategies. For planning strategies, all of the students decided the topic for their essay and read some source materials before developing the outline and made an outline, while one of them also used mapping. For monitoring strategies, all the students tried to manage their time to complete their essays. They also re-read their pieces before and after they finished them. It was to make sure the goals they set were achieved and the contents of their essays related to the topics. Lastly, for evaluating strategies, all of the students got feedback from their lecturers, and some of them also sought input from their peers. They also assessed their strategy and decided to stick to them even though they still had writing difficulties.