PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 SIDOARJO
EXTRACURRICULAR LEARNING OF KARAWITAN AT SIDOARJO JUNIOR HIGH SCHOOL 5
Pendidikan seni merupakan salah satu upaya untuk menjaga serta melestarikan budaya peninggalan para leluhur. Banyak kesenian yang saat ini sudah menjadi bagian dari pendidikan salah satunya yaitu seni karawitan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran meliputi model, metode, media dan materi pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri atas sumber data primer yang didapatkan secara langsung dari narasumber utama yaitu Murlan, S.Sn (46) lalu untuk sumber data sekunder didapat melalui buku, majalah,serta dokumen. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan aspek-aspek pembelajaran meliputi model, metode, media, serta materi pembelajaran sangat mempengaruhi proses di dalam pembelajaran. skripsi ini akan membahas secara lebih lanjut mengenai aspek pembelajaran yang digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 5 Sidoarjo meliputi model, metode, media serta materi pembelajaran sekaligus membahas mengenai bagaimana implementasi dari aspek-aspek tersebut dalam menciptakan generasi yang tidak hanya memiliki kemampuan yang baik dalam berkesenian akan tetapi juga mencetak generasi yang memiliki karakter positif.
Art education is one of the efforts to maintain and preserve the cultural heritage of the ancestors. Many arts are currently part of education, one of which is karawitan. The purpose of this study was to describe the learning process including models, methods, media and learning materials in musical extracurricular activities at SMP Negeri 5 Sidoarjo. This study uses a qualitative research approach. The data sources in this study consisted of primary data sources obtained directly from the main informants namely Murlan, S.Sn (46) and secondary data sources obtained through books, magazines and documents. In this study using data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that the selection of learning aspects including models, methods, media, and learning materials greatly influences the process of learning. This papers will discuss in more detail the learning aspects used in musical extracurricular activities at SMP Negeri 5 Sidoarjo including models, methods, media and learning materials while at the same time discussing how to implement these aspects in creating a generation that does not only have good abilities. in art but also to produce generations with positive characters.