Penelitian ini mengenai pengembangan media video pembelajaran materi karakteristik unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan media belajar siswa dalam memahami materi yang dikemas secara lebih interaktif dan mudah dipahami oleh siswa menggunakan media video. Pengembangan dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE, (analysis, design, development, implementation and evaluation). Analysis dilakukan dengan meninjau kelapangan mengenai karakteristik dan potensi siswa kemudian design produk media video dilakukan untuk dilanjutkan pada tahap development dimana produk dilakukan uji validitas untuk bisa dilanjutkan pada tahap implementation pada objek penelitian evaluation dilkasanakan pada tiap tahap dan akhir pelaksanan penerapan media video pembelajaran yang telah diproduksi. Produk penelitian ini berupa video pembelajaran yang dikonsep dengan penyajian drama pendek untuk selanjutnya dilakukan analisis. Analisis berlandaskan pada materi yang disajikan secara bersamaan. Kelayakan dan keefektifan media video pembelajaran yang disajikan diukur dari hasil nilai belajar siswa pre-test 66 dan pot-test 83.. Dari hasil perbandingan nilai sebelum dan sesudah siswa diberikan media ini menunjukkan bahwa media video pembelajaram efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan hasil tersebut maka pengembanagn media video pembelajaran materi karakteristik unsur-unsur drama pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya layak dan efektif untuk digunakan.
Kata kunci: Pengembangan media video, Karakteristik unsur-unsur Drama
This research is about the development of video learning method on characteristics of drama elements material for grade eight students of SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. The research aims to provide the students with a learning media that would suit their needs better through interactive and comprehensible materials with use video learning. The method is developed using the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Analysis process is examined through a field review on students characteristics and potentials. The next step is designing the video production before proceeding to development stage to test the products validity. The process then continues to the implementation phase of the research object. Evaluation is applied thoroughly on every stage of the process and on the final stage once the learning video method has been implemented. The outcome of the research is a learning video presented in a short drama format. The videos effectiveness is then being analyzed afterwards. The analysis is based on the learning materials that are delivered simultaneously. The feasibility and the effectiveness of the learning video are measured through the results of students 74,58 pre-test and 84,06 post-test. Comparing the before and after results of the test will show how effective this method is in improving students learning results. Therefore, providing a validation for the feasibility and effectiveness of the development of video learning method on characteristics of drama elements material for grade eight students of SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.
Keywords: The development of video learning, Characteristics of drama