ART THERAPY PADA PERILAKU MELTDOWN ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS
ART THERAPY ON THE BEHAVIOR OF MELTDOWN CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM
ABSTRAK
Nama : Nabella Nur Anggi Safitri
NIM : 17010044053
Program Studi : S1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : dr. Febrita Ardianingsih, M. Si.
Anak dengan spektrum autis berpotensi muncul perilaku meltdown. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan art therapy pada perilaku meltdown anak dengan spektrum autis. Jenis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian literature review. Sumber data yang dikaji diperoleh dari prosiding dan jurnal yang telah terindeks nasional dan internasional yang berkaitan dengan art therapy, anak dengan spektrum autis, dan perilaku meltdown. Setelah mengkaji sumber data, diperoleh hasil bahwa apabila art therapy diterapkan dapat menurunkan perilaku hiperaktif, menurunkan stres, meningkatkan pengendalian diri, kontrol emosi, melatih keterampilan sensorik dan motorik, meningkatkan perkembangan sosial, dan daya konsentrasi. Mengingat besarnya manfaat art therapy, maka perlu bagi guru dan terapis untuk menerapkan art therapy sebagai upaya menurunkan perilaku meltdown pada anak dengan spektrum autis.
Kata Kunci: autis, perilaku, meltdown, art therapy.
ABSTRACT
Name : Nabella Nur Anggi Safitri
Study program : Bachelor Degree
Major : Special Education
Faculty : Educational Science
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : dr. Febrita Ardianingsih, M. Si.
Children with autism spectrum have the potential to appear meltdown behavior. This study aims to describe art therapy on the meltdown behavior of children with the autistic spectrum. The type of data analysis used is descriptive qualitative with a literature review research method. The data sources studied were obtained from proceedings and journals that have been indexed nationally and internationally related to art therapy, children with autism spectrum, and meltdown behavior. After reviewing the data sources, it was found that if art therapy was applied it could reduce hyperactive behavior, reduce stress, increase self-control, emotional control, train sensory and motor skills, improve social development, and concentration power. Given the great benefits of art therapy, it is necessary for teachers and therapists to apply art therapy as an effort to reduce meltdown behavior in children with the autistic spectrum.
Keywords: autism, behavior, meltdown, art therapy.