ABSTRAK
Perwira, Susilo Adi. 2019. Penilaian Keterbacaan Buku Siswa Bahasa Inggris K13 Untuk Kelas Dua Belas. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Dosen Pembimbing: (I) Slamet Setiawan, M.A., Ph.D (II) Dr. Pd. H. Aswandi, M.Pd.
Kata Kunci: Rumus keterbacaan, buku teks Bahasa Inggris K13, teks transaksional dan interpersonal, teks fungsional pendek, teks bacaan, teks instruksional
Buku teks bahasa Inggris untuk kelas dua belas SMA yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan adalah buku wajib yang didasarkan pada kurikulum nasional 2013 untuk mendukung pendidikan di Indonesia, dalam aspek-aspek tertentu mengenai ketersediaan bahan ajar. Berdasarkan peraturan tersebut, buku pelajaran bahasa Inggris wajib digunakan di sekolah dalam proses pembelajaran, termasuk dalam pemberian tugas kepada siswa dan menjadi rujukan dari pertanyaan ujian. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkat keterbacaan buku teks bahasa Inggris untuk kelas dua belas SMA yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menguji tingkat keterbacaan buku ini. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dalam bentuk teks berasal dari teks transaksional dan interpersonal, teks fungsional pendek, teks bacaan, teks instruksional di dalam buku. Ada 180 data yang diambil dari keempat teks tersebut. Teks tersevut dianalisis dengan menggunakan rumus keterbacaan EFL Miyazaki sebagai alat untuk mengukur tingkat keterbacaan apakah cocok atau tidak untuk siswa kelas dua belas.
Menurut tes keterbacaan Miyazaki EFL, teks termudah dari buku ini adalah seusai untuk kelas 5 dan yang paling sulit adalah di tingkat pasca sekolah / universitas. Tetapi nilai keterbacaan yang paling sering muncul dalam buku ini adalah di kelas 8 dan 9 yaitu 77 data (teks). Rata-rata skor buku ini adalah 63,2 yang artinya cocok untuk kelas 8 dan 9. Buku ini terlalu mudah untuk kelas dua belas menurut tes keterbacaan Miyazaki EFL
ABSTRACT
Perwira, Susilo Adi. 2019. Textbook Readibility Assessment of K13 English Textbook For Twelfth Grade. Thesis, Language and Literature Education Study Program. Postgraduate Program of The State University of Surabaya. Advisors: (I) Slamet Setiawan, M.A., Ph.D (II) Dr. Pd. H. Aswandi, M.Pd.
Key Words: Readability formula, K13 English textbook, transactional and interpersonal text, short functional text, reading text, instructional text
English textbook for twelfth grade of SMA which is published by Ministry of Education and Culture is a compulsory textbook which is based on national curriculum 2013 to support education in Indonesia, in certain aspects the availability of teaching materials. Based on the regulation, English textbooks are required to be used in schools in learning process, including giving students assignments and becoming reference of the exam questions. This study aims to investigate the readability level of the English textbook for twelfth grade of SMA which is published by Ministry of Education and Culture.
This study uses descriptive quantitative method to examine the readability of this book. The data are in the form of texts derives from transactional and interpersonal text, short functional text, reading text, instructional text inside the book. There are 180 data taken from those four texts. They are analyzed by using Miyazaki EFL readability formulae as a tool to measure the readability level whether it is suitable or not for twelfth grade students.
According to Miyazaki EFL readability test, the easiest text from the book is in 5th grade and the hardest one is in post-school/university grade. But the most frequent grade appear in this book is in 8th and 9th grade which is 77 data (texts). The average of this book score is 63.2 which means it is suitable for 8th and 9th grade. This book is too easy for twelfth grade according to Miyazaki EFL readability test.