Disiplin menjadi salah satu nilai karakter yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini karena membantu anak untuk berperilaku tertib dan taat pada peraturan. Kenyataan di lapangan, terdapat permasalahan disiplin di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik yaitu sekolah yang memiliki aturan tertulis yang sama untuk dipatuhi seluruh anak, tetapi sikap disiplin yang terbentuk pada anak memiliki perbedaan. Permasalahan inilah yang menjadi dasar penelitian untuk mengetahui faktor yang menyebabkan sikap disiplin yang berbeda pada anak.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan cara menanamkan disiplin dan hasil penanganan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara guru menanamkan disiplin pada anak dengan menjelaskan alasan dibalik aturan, mengingatkan anak ketika lupa terhadap aturan, memberikan reward pada anak yang dapat bersikap lebih baik, memberikan konsekuensi pada anak yang tidak sesuai aturan dengan teguran atau hukuman, serta konsisten dalam melakukan kegiatan yang melatih kedisiplinan anak. Meskipun cara yang dilakukan guru sama, namun sikap disiplin anak berbeda-beda karena dipengaruhi oleh bentuk disiplin yang diterapkan orang tua di rumah. Apabila bentuk disiplin yang diterapkan di rumah dan di sekolah sama, anak menjadi lebih mudah dalam menyerap dan melakukan kegiatan yang mendukung penanaman sikap disiplin.
Kata Kunci: cara menanamkan disiplin, sikap disiplin anak
Discipline is one of the character values that must be instilled in children from an early age because it helps children to behave in an orderly and obedient manner. The reality in the field is that there are disciplinary problems in Al Ibrah Gresik Integrated Islamic Kindergarten, schools that have the same written rules for all children to obey, but the discipline that is formed in children is different. This problem is the basis of research to find out the factors that cause different disciplinary attitudes in children.
The purpose of this study was to describe how to instill discipline and the results of disciplinary treatment in children aged 5-6 years in Al Ibrah Gresik Integrated Islamic Kindergarten. This study used a qualitative approach with a case study research design. The technique of collecting data is done through observation, interviews, and documentation. Data analysis in this study uses the Miles and Huberman models, namely data reduction, data display, and conclusion drawing/ verification.
The results showed that the way teachers instill discipline in children by explaining the reasons behind the rules, reminded children when they forget the rules, gave rewards to children who could behave better, gave consequences to children who were not obey with rebuke or punishment, and consistent in doing activities that train child discipline. Although the way the teacher does is the same, the child's discipline is different because it is influenced by the form of discipline applied by parents at home. If the form of discipline applied at home and at school is the same, children become easier to absorb and carry out activities that support the instilment of discipline.
Keywords: how to instill discipline, discipline attitude of child