Pembaharuan kurikulum 2013 terbaru dengan pendekatan saintifik mengharuskan proses pembelajaran yang menuntun peserta didik untuk memecahkan suatu masalah secara ilmiah. Proses pembelajaran dituntut agar lebih berpusat pada peserta didik dan guru hanya berlaku sebagai fasilitator. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan seorang guru untuk memfasilitasi peserta didik yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran. Perkembangan teknologipun telah merambah dalam dunia pendidikan dan memberikan pengaruh positif dalam proses pembelajaran. Dengan begitu guru dapat memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan peserta didik akan media pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada mata pelajaran administrasi perpajakan.
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi perpajakan kelas XI Akuntansi di SMK yang memperoleh kriteria layak digunakan pada saat pembelajaran serta mendapat respon baik dari siswa. Model pengembangan yang dipilih adalah model ADDIE. Penelitian pengembangan ini divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Uji coba media pembelajaran interaktif dilakukan pada 20 orang siswa kelas XI akuntansi di SMKN 2 Buduran.
Media pembelajaran interaktif ini memperoleh hasil rata-rata prosentase keseluruhan variabel dari para ahli sebesar 89,67% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil respon peserta didik memperoleh prosentase rata-rata 91,16% dengat interpretasi “Sangat Dipahami”. Maka, rata-rata keseluruhan dari hasil validasi para ahli serta hasil angket respon siswa diperoleh prosentase sebesar 90,16% dengan kriteria “sangat layak”. Sehingga, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif administrasi perpajakan untuk kelas XI akuntansi yang telah dikembangkan sangat layak dipergunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di SMK Negeri 2 Buduran.
Kata Kunci : media pembelajaran interaktif, administrasi perpajakan, pph badan terutang, SMK
The latest 2013 curriculum update with a scientific approach requires a learning process that guides students to solve a problem scientifically. The learning process is demanded to be more student-centered and the teacher only acts as a facilitator. One preparation that can be done by a teacher to facilitate students is by utilizing learning media. Even technological developments have penetrated the world of education and had a positive influence on the learning process. Then, the teacher can utilize technology for the needs of students in learning media. Therefore, an interactive learning media development was carried out using Adobe Flash Professional CS 6 on tax administration subjects.
The purpose of this development research is to produce interactive learning media on tax administration subjects in class XI Accounting in Vocational Schools that obtain criteria suitable for use during learning and get a good response from students. The development model chosen was the ADDIE model. This development research was validated by 2 material experts and 1 media expert. The interactive learning media trial was conducted on 20 students of class XI accounting at SMK 2 Buduran.
This interactive learning media obtained an average percentage of all variables from experts at 89.67% with the criteria "Very Decent". The results of students's responses obtained an average percentage of 91.16% with the interpretation "Very Understood". So, the overall average of the results of the validation of the experts and the results of the student questionnaire responses obtained a percentage of 90.16% with the criteria "Very Decent". So, it can be said that the interactive learning media for tax administration for accounting XI class that has been developed is very suitable to be used as a learning media in teaching and learning process at SMK Negeri 2 Buduran.
Keywords: interactive learning media, tax administration, corporate income tax payable, vocational school