ABSTRAK
Wahyuni , Dian . 2020. Pengaruh
M odel Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas X I pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan
Ringan di SMK KAL 1
Surabaya. Tesis, Program
Studi
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Muchlas Samani , M.Pd.,dan (II) Dr.
Theodorus Wiyanto, M.Pd
Kata Kunci : Model
pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran langsung, hasil belajar, dan
tingkat kecerdasan logika matematis.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil
belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan yang
masih kurang. Hal ini disebabkan salah satunya dari model pembelajaran langsung.
Model pembelajaran yang seperti ini cenderung membosankan dan berpusat pada
guru. Adapun faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar yakni tingkat
kecerdasan logika matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk menemukan model
pembelajaran yang cocok dalam meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan
tingkat kecerdasan logika matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung berdasarkan
tingkat kecerdasan logika matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung dan berbasis masalah,
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan tingkat kecerdasan pada
model pembelajaran langsung dan berbasis masalah, dan menganalisis hubungan antara
tingkat kecerdasan dan model pembelajaran langsung serta model pembelajaran
berbasis masalah.
Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, yang terdiri dari dua kelas yakni
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas kontrol diajarkan dengan model
pembelajaran langsung. Sedangkan kelas eksperimen menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian yang digunakan yakni desain
faktorial 2x2. Dengan sampel yang digunakan dua kelas XI Teknik Kendaraan
Ringan SMK KAL 1 Surabaya. Selanjutnya instrumen yang digunakan meliputi
instrumen ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor.
Penelitian ini menghasilkan perangkat
pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, serta lembar penilaian yang
sudah divalidasi serta reliabel. Hasil penelitian ini meliputi: (1) hasil
belajar MPBM lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar MPL; (2)
Hasil belajar siswa yang memiliki kecerdaan logika matematis tinggi menggunakan
MPBM lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan MPL; (3) hasil belajar
siswa yang memiliki kecerdasan logika matematis rendah dengan MPL lebih tinggi
dibanding dengan siswa yang diajar menggunakan MPBM; (4) Terdapat interaksi
antara model pembelajaran dan kecerdasan logika matematis siswa terhadap hasil
belajar siswa.