Eksplorasi Etnomatematika pada Tari Remo Gagrak Anyar di Sekolah Dasar
Ethnomathematics Exploration of Remo Gagrak Anyar Dance in Elementary School
Pembelajaran matematika saat ini masih sedikit dalam menggunakan budaya sebagai sarana pembelajaran, sehingga etnomatematika perlu diterapkan dalam pembelajaran. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika yang digunakan oleh peneliti ketika mengajarkan Tari Remo Gagrak Anyar pada peserta didik dan menjelaskan pemahaman matematis peserta didik terhadap etnomatematika pada Tari Remo Gagrak Anyar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berjenis transformatif dengan menggunakan multi paradigma yaitu interpretive paradigm, critical paradigm, dan postmodern paradigm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 3 teknik yaitu studi autoetnografi, wawancara semistruktur, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa etnomatematika pada Tari Remo Gagrak Anyar ditemukan dalam postur atau posisi tubuh, gerakan tari, pola lantai, dan instruksi tari. Konsep matematika yang ditemukan diantaranya konsep matematika berupa bilangan, operasi hitung, dan geometri. Pemahaman matematis peserta didik ditunjukkan dengan peserta didik dapat melihat adanya bangun datar dalam bentuk gerakan, mengaplikasikan operasi hitung berupa pembagian, perkalian, dan penjumlahan dalam menghitung jumlah hitungan yang dilakukan dalam gerakan, menyebutkan bentuk sudut atau bangun berdasarkan bentuk gerakan yang dilihat dan dipraktekkan, bahkan menyatakan perbedaan pada bentuk yang dihasilkan ketika melakukan gerakan tari.
Kata Kunci : eksplorasi, etnomatematika, Tari Remo Gagrak Anyar
Currently learning mathematics is still a little in using culture as a learning tool, so ethnomathematics needs to be applied in learning. This research aims to describe the ethnomathematics used by researchers when teaching Remo Gagrak Anyar Dance to students and to explain students' mathematical understanding of ethnomathematics in Remo Gagrak Anyar Dance. This research is transformative qualitative research using multi-paradigm : interpretive paradigm, critical paradigm, and postmodern paradigm. There are 3 data collection techniques used in this study : autoethnographic studies, semi-structural interviews, and observation. The results of this study indicate that ethnomathematics in the Remo Gagrak Anyar Dance is found in posture or body position, dance movements, floor patterns, and dance instructions. The mathematical concepts found include mathematical concepts in the form of numbers, arithmetic operations, and geometry. Students' mathematical understanding is shown by students being able to see flat shapes in the form of movement, applying arithmetic operations in the form of division, multiplication, and addition in calculating the number of counts performed in motion, mentioning the shape of the angle or shape based on the form of movement seen and practiced, even states the difference in the shape produced when performing dance movements
Keywords : exploration, ethnomathematics, Remo Gagrak Anyar Dance