Pemahaman Relasional Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Relasi dan Fungsi Ditinjau dari Self Esteem
Middle School Students' Relational Understanding in Solving Relation and Function Problems Seen from Self Esteem
Pemahaman relasional memiliki peranan yang penting dalam memahami konsep matematika. Dengan pemahaman relasional, siswa tidak sebatas menggunakan prosedur yang ada, tetapi juga memiliki alasan yang logis dari langkah yang diambil. Dengan pemahaman relasional, siswa memiliki landasan yang lebih kuat dalam pemahamannya. Jika dalam memecahkan masalah matematika siswa tidak mampu mengingat suatu rumus, maka ia masih bisa menggunakan konsep yang telah dimiliki sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa SMPdalam memecahkan masalah relasi dan fungsi ditinjau dari self esteem. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Pemilihan subjek diawali dengan pemilihan sekolah, kemudian dipilih kelas VIII-E untuk menjadi calon subjek penelitian. Siswa kelas VIII-E yang hadir di kelas sebanyak 32 siswa diberi tes skala self esteem yang digunakan yaitu Rosenberg Self Esteem Scale (RSES) dan Tes Kemampuan Matematika (TKM), selanjutnya dipilih tiga siswa kelas VIII-E SMP Negeri 3 Surabaya sebagai subjek penelitian yaitu satu siswa dengan self esteem tinggi, satu siswa dengan self esteem sedang, dan satu siswa dengan self esteem rendah. Kemudian ketiga subjek diberikan Tugas Pemecahan Masalah Matematika (TPMM), dan wawancara untuk mengecek pemahaman relasional subjek. Semua data yang terkumpul di analisis agar data yang diperoleh mudah dipahami. Hasilnya menunjukkan bahwa subjek dengan self esteem tinggi memenuhi semua tahapan pemecahan masalah. Subjek dengan self esteem sedang dan subjek dengan self esteem rendah hanya memenuhi dua tahapan pemecahan masalah.
Relational understanding has an important role in understanding mathematical concepts. With relational understanding, students are not only use the existing procedures, but also have logical reasons for the steps taken. With relational understanding, students have a stronger foundation in their understanding. When solving a mathematical problem, sometimes students are unable to remember the formula, then they can still use the concepts that they had before. This research aims to describe junior high school students' relational understanding in relations and functions based on self-esteem. This research is a qualitative descriptive research. Subject selection begins with school selection, then class VIII-E is selected to be the prospective research subject. Thirty-two class VIII-E students who attended the class were given the self-esteem scale test used, namely the Rosenberg Self Esteem Scale (RSES) and the Mathematics Ability Test (TKM), then three class VIII-E students of State Junior High School 3 Surabaya were selected as. The research subjects were one student with high self-esteem, one student with medium self-esteem, and one student with low self-esteem. Then the subject was given a Mathematical Problem Solving Task, and an interview to check the subject's relational understanding. All data collected is analyzed so that the data obtained is easy to understand. The results show that subjects with high self-esteem fulfill all stages of problem solving. Subjects with medium self-esteem and subjects with low self-esteem only fulfilled two stages of problem solving.