ABSTRAK
Masalah penelitian ini adalah pasifnya peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah instrumen gesek cello. Terbukti juga dari nilai yang diperoleh peserta didik belum memuaskan, sehingga peran model pembelajaran harus dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran Active and Reflective dalam pembelajaran mata kuliah instrumen gesek cello, dan (2) mendeskripsikan kualitas pengembangan model pembelajaran Active and Reflective dalam pembelajaran mata kuliah instrumen pokok gesek cello.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model Borg and Gall, namun disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan yang disingkat Puslitjaknov (2008) menjadi 5 langkah utama yaitu: (1) menganalisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkanprodukawal, (3) memvalidasi ahli dan revisi, (4) mengujicoba lapangan dalam skala kecil dan merevisiproduk, dan (5) mengujicoba lapangan dalam skala besar dan produk akhir.
Angket digunakan sebagai bahan validasi ahli dan sebagai bahan ujicoba skala kecil dengan 2 responden dan ujicoba skala luas dengan 5 responden sebagai bahan penilaian terhadap produk ini. Hasil pengembangan pengembangan model pembelajaran Active and Reflective ini adalah : (1) silabus, (2) Rancangan Pembelajaran Semester (RPS), (3) buku dosen, (4) buku mahasiswa, dan (5) sintaks.
Kata Kunci : Model pembelajaran Active and Reflective, Instrumen Gesek Cello
ABSTRACT
The problem of this research is the passivity of students in conducting teaching and learning activities in the subject of the cello swipe instrument. It is also proven that the value obtained by students is not satisfactory, so the role of the learning model must be developed. This study aims to: (1) describe the process of developing the Active and Reflective learning model in learning cello staple staple instrument subjects, and (2) describing the quality of the development of Active and Reflective learning models in cello staple subject instrument learning courses.
This research is a research development (R & D) by Borg and Gall, but simplified by the Team of Center for Educational Policy and Innovation Research abbreviated as Puslitjaknov (2008) into 5 main steps, namely: (1) analyzing the products to be developed, (2) developing initial products , (3) validating experts and revisions, (4) testing the field on a small scale and revising the product, and (5) testing the field on a large scale and final product.
Questionnaires were used as material for expert validation and as a small-scale trial material with 2 respondents and a large-scale trial with 5 respondents as material for evaluating this product. The results of the development of the development of Active and Reflective learning models are: (1) syllabus, (2) Semester Learning Design (RPS), (3) lecturer books, (4) student books, and (5) syntax.
Keywords: Active and Reflective Learning Model, Cello Instrument