Proses Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Fungsi Kuadrat
High School Students' Creative Thinking Process in Solving Contextual Problems on Quadratic Function Material
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa SMA dengan kemampuan matematika tinggi dan sedang dalam menyelesaikan masalah kontekstual materi fungsi kuadrat. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen utamanya yaitu peneliti dan instrumen pendukung terdiri dari tes da wawancara terstruktur. Penelitian melibatkan 1 siswa kemampuan matematika tinggi dan 1 siswa kemampuan matematika sedang jenjang SMA kelas X. Teknik analisis mengunakan teknik analisis miles dan huberman. Berdasarkan hasil penelitian yaitu (1) siswa kemampuan matematika tinggi melakukan proses berpikir kreatifnya dimulai dari memahami informasi yang tersaji dengan menulis ke lembar jawaban dan langsung mendapatkan ide terkait yang dapat digunakan sebagai pemecahan masalah. Kemudian, siswa membuat strategi dari ide yang sudah didapatkan, dengan jumlah strategi lebih dari satu. Siswa juga melakukan perencanaan yang jelas tehadap strateginya dari awal hingga akhir, terakhir siswa dapat menyelesaikan masalah dengan benar dan akurat, dan juga melakukan pengecekan terhadap jawabannya tanpa perlu diarahkan, siswa juga berhasil membuktikan jawabannya menggunakan strategi lain.(2) siswa kemampuan matematika sedang melakukan.proses berpikir kreatif dimulai dari memahami informasi yang tersaji dengan membaca berulang kali, siswa juga perlu diberikan stimulus tambahan supaya mendapatkan ide terkait yang bisa digunakan sebagai pemecahan masalah. Kemudian, dalam proses membuat strategi dari ide yang sudah didapatkan, siswa hanya memunculkan satu strategi saja karena penguasaan materi yang kurang. Siswa juga membuat rencana, namun hanya bisa menjelaskan langkah awal saja. Terakhir, siswa dapat menyelesaikan masalah dengan benar dan akurat, namun sesekali perlu waktu berhenti untuk memikirkan langkah berikutnya. Dan siswa melakukan pengecekan terhadap jawabannya namun masih perlu diarahkan, siswa juga tidak membuktikan jawabannya menggunakan strategi lain, karena hanya satu strategi saja yang dimunculkan sebelumnya.
Kata Kunci: Berpikir kreatif, Masalah Kontekstual, Fungsi Kuadrat
Abstract
This This study aims to describe the creative thinking processes of high school students with high and moderate mathematical abilities in solving contextual problems in quadratic function material. This type of research is descriptive qualitative research. The main instrument is the researcher and the supporting instruments consist of tests and structured interviews. The study involved 1 student with high mathematical ability and 1 student with moderate mathematical ability at class X in senior high school. The analysis technique used Miles and Huberman analysis techniques. Based on the results of the study, namely (1) students with high mathematical abilities carry out their creative thinking process starting from understanding the information presented by writing it onto the answer sheet and immediately getting related ideas that can be used as problem solving. Then, students make strategies from the ideas that have been obtained, with more than one number of strategies. Students also carry out clear planning of their strategy from beginning to end, finally students can solve problems correctly and accurately, and also check their answers without needing to be directed, students also succeed in proving their answers using other strategies. (2) students with mathematical abilities are doing The creative thinking process starts with understanding the information presented by reading it repeatedly. Students also need to be given additional stimulus to get related ideas that can be used as problem solving. Then, in the process of making strategies from ideas that have been obtained, students only come up with one strategy because of their lack of mastery of the material. Students also make plans, but can only explain the first steps. Finally, students can solve problems correctly and accurately, but occasionally need to stop to think about the next step. And students check their answers but still need to be directed, students also do not prove their answers using other strategies, because only one strategy was raised before.
Keywords: Creative thinking, Contextual Problems, Quadratic Functions