Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah sesuai observasi di SMPN 1 Mojokerto karena siswa kurang mampu dalam melakukan lompat jauh dengan teknik yang tepat. Rumusan masalah didalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media tali dan seberapa besar pengaruh pengaruh terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dalam pembelajaran PJOK.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Static Pretest-Posttest Control Group Design. Popuasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Mojokerto dengan jumlah total 925 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII G dan VII F yang berjumlah 30 siswa. Cara memperoleh data dengan cara melakukan pre-test, perlakuan dan post-test yang dilakukan 4 kali pertemuan.
Berdasarkan hasil analisa menggunakan aplikasi komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) diketahui hasil analisis yaitu diperoleh hasil thitung sebesar 2.314 dengan taraf signifikasi 0,024. Diketahui juga nilai ttabel sebesar 2.051 dengan taraf signifikan 0,05. Kemudian penghitungan uji t nilai signifikan pada thitung (0,00) < ttabel (0,05) yang berarti Ha dapat diterima dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok di SMPN 1 Mojokerto.a
Besarnya presentase peningkatan pada hasil belajar lompat jauh gaya jongkok kelas VII G kenaikan sebesar 43.00% dan pada kelas VII F kenaikan sebesar 29.00%. Dari hasil perhitungan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMPN 1 Mojokerto.
Kata kunci : Media, Tali, Lompat Jauh, Gaya Jongkok, Hasil Belajar
The background of this study based on the observations at Mojokerto 1 Junior High School students who were less able to do long jumps with the right techniques. The research question in this study are is there any influence on the use of rope media and how much influence does it have on the learning outcomes of the long jump squat style in PJOK learning.
The purpose of this study was to determine the effect of using rope media on learning outcomes squat style long jump. This type of research used quasi-experiments with a quantitative approach. The research design used in this study was The Static Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study was all students of VII grade in SMPN 1 Mojokerto with a total number of 925 students. While the research samples were 30 students from both class VII G and VII F. The data was gain by doing a pre-test, treatment, and post-test that conducted 4 times.
Based on the results of the analysis using the SPSS computer application (Statistical Package for Social Sciences) the findings of the analysis are obtained the results of tcount are 2,314 with a significance level of 0.024. It is also known that the t table value is 2.051 with a significant level of 0.05. Then the calculation of the t-test is a significant value on tcount (0.00) SMPN 1 Mojokerto.
The amount of percentage increased in the learning outcomes of long jump squat style of class VII G increased by 43.00% and in class VII F increased by 29.00%. From the results calculations above, it concluded that there was an influence of the use of rope media on learning outcomes of long jump squat style in class VII grade students of SMPN 1 Mojokerto.
Keywords: Media, Rope, Squat Style, Long Jump, Learning Result