Pola Asuh adalah cara atau metode pengasuhan yang digunakan oleh orang tua agar anak dapat tumbuh menjadi individu yang dewasa secara sosial. Dengan pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa pengasuhan anak yang dimaksud adalah kepemimpinan dan bimbingan yang dilakukan terhadap anakyang berkaitan dengan kepentingan hidupnya. Pola asuh menurut Hurlock dibagi tiga, yaitu Pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar remaja yang orang tuanya bekerja di UMKM manik-manik Dusun Gambang, Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 50 responden, 20 diantaranya untuk uji validitas dan reliabilitas 30 lainnya responden. Hasil penelitian menggunakan analisis of variance (Anova) dan uji t, menunjukkan bahwa adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar anak remaja. Dari hasil uji hipotesis pola asuh otoriter sebesar 0,001, pola asuh demokratis sebesar 0,000, dan pola asuh permisif sebesar 0,284. Sehingga hipotesis penulis mengatakan bahwa adanya hubungan yang signifian antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar, dapat diterima.
Kata Kunci: Pola asuh orang tua, Motivasi Belajar anak remaja
Parenting style is a parenting method used by parents so that children can grow into socially mature individuals. Based on this understanding, it can be understood that the care of the children is a leadership and a guidance carried out on the children related to the interests of his life.According to Hurlock, parenting style is divided into three, authoritarian parenting, democratic parenting, and permissive parenting. The purpose of this study was to determine the effect of parenting style on adolescents learning motivation whose parents work at the small and medium enterprises Dusun Gambang, Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.
This research method uses a quantitative approach to determine the effect of one independent variable on one dependent variable. Data is collected using questionnaire, observation and documentation methods. This study used 50 respondents, 20 of them to test validity and reliability and 30 others were respondents. The results of the study used the analysis of variance (Anova) and the t test showed that there was an influence of parenting style on adolescents learning motivation. From the results of hypothesis testing, the influence of authoritarian parenting was 0.001, democratic parenting was 0.000, and permissive parenting was 0.284. So that the authors hypothesis says that there is a significant relationship between parenting parents with learning motivation.
Keywords: Parents Parenting, Adolescensts Motivation Learning