PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 1 MAGETAN
THE INFLUENCE OF LEARNING MOTIVATION AND LEARNING FACILITIES ON THE ACADEMIC ACHIEVEMENT OF STUDENTS OF PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL 1 MAGETAN
Pendidikan adalah suatu cara untuk mengangkat harkat serta martabat pada umat manusia dalam kehidupan yang berkesinambungan. Dalam dunia Pendidikan tentunya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas belajar siswa. Dari banyaknya faktor yang berpengaruh pada prestasi belajar siswa, faktor yang berpengaruh dan memiliki kontribusi bagi peningkatan hasil belajar siswa adalah motivasi belajar siswa dan fasilitas pemberlajaran yang ada di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Magetan dengan jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 932 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling sebagai teknik penentuan sampel. Di dalam penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan uji validitas dengan menggunakan Pearson Correlation, yaitu dengan cara menghitung korelasi antar skor masing-masing butir pertanyaan dengan total skor.
Education is a way to raise the dignity of human beings in a sustainable life. In the world of education, of course there are several factors that influence the quality of student learning. Of the many factors that influence student learning achievement, Factors that influence and contribute to improving student learning outcomes are student learning motivation and learning facilities in the surrounding environment. The method used is quantitative research. The type of quantitative research used is associative research. The population in this study were students of SMP Negeri 1 Magetan with a total population in this study of 932 people. The sampling technique used in this research is Cluster Random Sampling as a sample determination technique. In the research conducted, researchers used a validity test using Pearson Correlation, namely by calculating the correlation between the scores of each question item and the total score.