Strategi for Internalizang the Values of Discipline and Responsibility Through Online Discussion Methods Assisted by Social Institution E-Moduls
Penelitian ini berfokus pada strategi guru dalam menanamkan nilai disiplin dan tanggung jawab selama pandemi covid-19, serta persepsi siswa tentang pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan ekslporatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru IPS, waka kurikulum, serta siswa kelas VII G SMPN 2 Wates. Teknik pengumpulan data berupa wawancara serta pembagian kuesioner melalui media google form. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan menghasilkan siswa kelas VII G yang terpilih. Temuan data menunjukkan bahwa internalisasi nilai disiplin dan tanggung jawab di masa pandemi covid-19 tidak selalu berjalan baik, terdapat beberapa kendala serta faktor penghambat. Penyebaran angket pada siswa kelas VII G juga menunjukkan hasil “setuju” terhadap pembelajaran online menggunakan metode diskusi online. Dengan strategi penanaman yang tepat dengan dilakukan secara terus menerus nilai disiplin dan tanggung jawab akan terbentuk pada siswa. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori behavioristik dari Skinner yang memiliki makna menekankan pada perubahan perilaku siswa. Sasaran dari teori ini yaitu membentuk perilaku siswa ke arah yang lebih baik.