Effect of Discovery Learning Model on Critical Thinking Ability and Social Science Learning Result of Fourth Grade Elementary School Students.
ABSTRAK
Mu’affifah, Annisa’ul. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Ketut Prasetyo, M.S. dan (II) Dr. Muhammad Turhan Yani, M.A.
Kata Kunci : Model pembelajaran discovery, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas empat Sekolah Dasar dan model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas empat Sekolah Dasar. Model pembelajaran discovery merupakan salah satu tipe dalam model pembelajaran yang menyenangkan dimana model ini siswa dapat menemukan hasil penelitian sendiri dengan bantuan berbagai sumber untuk memperkuat konsep yang ditemukan, sehingga akan lebih mudah diingat jika konsep tersebut ditemukan sendiri dengan melalui berbagai proses. Model pembelajaran yang melibatkan siswa tersebut diharapkan siswa mampu memenuhi tujuan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dari hasil belajar siswa dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal.
Penelitian ini merupakan penelitan eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas empat sekolah dasar SDN Sumberkerep Lamongan. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t. Dalam hal ini uji t dilakukan dua kali, pertama, untuk mengetahui kondisi awal siswa (pretest) dan kedua untuk mengetahui kondisi setelah diberi perlakuan (posttest).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, berdasarkan analisis uji t kemampuan berpikir kritis nilai thitung>ttabel (9,198>1,717) dan hasil sig. 2 tailed senilai 0,000<0,05 dengan df=22. Kedua, analisis uji t hasil belajar menunjukkan nilai thitung>ttabel (3,930>1,717) dan hasil sig. 2 tailed senilai 0,002<0,05 dengan df=22. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas empat sekolah dasar
ABSTRACT
Mu’affifah, Annisa’ul. 2020. Effect of Discovery Learning Model on Critical Thinking Ability and Social Science Learning Result of Fourth Grade Elementary School Students. Thesis. Study Program of Primary Education, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Ketut Prasetyo, M.S. and (II) Dr. Muhammad Turhan Yani, M.A.
Keywodrs : discovery learning model, critical thinking ability, learning result
This study aims to determine the effect of the discovery learning modelon critical thinking skills in social science subjects of fourth grade elementary school students and discovery learning models on learning result in social science subjects fourth grade elementary school students. Discovery learning model is one type of fun learning model where in this model students can find their own research results with the help of various sources to strengthen the concepts found, so that it will be easier to remember if the concept is found by themselves through various processes. The learning model that involves these students is expected that students are able to meet the objectives of social science learning from student learning outcomes that can meet the minimum completeness criteria.
This research is an experimental research with one group pretest-posttest design. The subjects of this study were fourth grade elementary school students of SDN Sumberkerep Lamongan. Data collection techniques through tests of critical thinking skills and student learning outcomes tests. The analysis technique used is the t test. In this case the t test was carried out twice, first, to determine the student's initial condition (pretest) and second to determine the condition after being given treatment (posttest).
Results showed that: first, based on t test analysis of critical thinking skills, the value of tcount > ttable (9.198>1.717) and the results of sig. 2 tailed valued at 0.000<0.05 with df = 22. Second, t-test analysis of learning outcomes shows the value of tcount> ttable (3.930> 1.717) and the results of sig. 2 tailed worth 0.002<0.05 with df = 22.Thus, it can be stated that there is influenceDiscovery learning model on critical thinking skills and learning outcomes in social science subjects in fourth grade elementary school students