PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRADISI NYADRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DALAM MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL
THE INFLUENCE OF USING E-LKPD BASED ON LOCAL WISDOM TRADITION TO IMPROVE IPS LEARNING OUTCOMES IN PRESERVING LOCAL CULTURE
ABSTRAK
Nama : Annisa Febrianti Putri
NIM : 19041344078
Program Studi : S-1 Pendidikan IPS
Jurusan : Pendidikan Geografi
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Ketut Prasetyo, M.S
Kearifan lokal merupakan suatu ilmu pengetahuan dari berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pada kearifan lokal memiliki nilai-nilai kehidupan disetiap proses pelaksanaan suatu tradisi lokal. Salah satu tradisi yang berkembang di Kabupaten Sidoarjo ialah Tradisi nyadran. Tradisi nyadran merupakan suatu ritual keagamaan tertentu yang dilakukan oleh masyarakat umum sebagai bentuk ucapan syukur atas hasil tangkapan kupang yang dilaksanakan pada bulan ruwah. Pada nilai-nilai kearifan lokal tradisi nyadran dapat diimplementasikan kedalam pembelajaran melalui bahan ajar yang diberikan. Bahan ajar yang diberikan baik berupa cetak maupun elektronik. Penggunaan bahan ajar elektronik atau sering disebut E-LKPD dapat memberikan suatu inovasi dalam bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi. Pemanfaatkan teknologi saat ini dapat digunakan sebagai suatu bahan ajar yang lebih bermanfaat. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang menganalisis pengaruh penggunaan E-LKPD berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan dan menganalisis perbedaan hasil belajar antara penggunaan E-LKPD dan LKPD non elektronik dalam
pembelajaran IPS. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental design. Desain penelitian menggunakan rancangan Pretest-postest nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini peserta didik kelas VIII dari SMP Negeri 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validitas, uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent t-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E- LKPD dari hasil uji Normalitas Gain berata-rata tinggi yang telah diterapkan pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Sedangkan di kelas pembanding menunjukkan hasil dari data penelitian hasil perhitungan uji Normalitas Gain berata-rata rendah dalam penggunaan non E-LKPD. Pada proses pembelajaran dengan menggunaakan E-LKPD berbasis kearifan lokal tradisi nyadran dapat memberikan suatu peningkatan dalam hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik dari penggunaan E-LKPD berbasis kearifan lokal tradisi nyadran dengan kategori tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis kearifan lokal tradisi nyadran dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Sidoarjo tahun pelajaran 2022-2023.
Kunci : Tradisi Nyadran, E-LKPD, dan Hasil belajar.
ABSTRACT
Name : Annisa Febrianti Putri
Program Studies : S-1 Pendidikan IPS
Major : Pendidikan Geografi
Faculty : Ilmu Sosial dan Hukum
Institution name : Universitas Negeri Surabaya
Mentor : Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S
Local wisdom is a science of various life strategies that shape the activities carried out by local people in meeting their daily needs. Local wisdom has life values in every process of implementing a local tradition. One of the traditions that developed in Sidoarjo Regency is the Nyadran Tradition. The nyadran tradition is a certain religious ritual performed by the general public as a form of thanksgiving for the catch of mussels which is carried out in the month of ruwah. The local wisdom values of the nyadran tradition can be implemented into learning through the teaching materials provided. The teaching materials provided are either printed or electronic. The use of electronic teaching materials or often called E-LKPD can provide an innovation in teaching materials by utilizing technology. Utilization of current technology can be used as a more useful teaching material. The purpose of this study was to obtain a description of analyzing the effect of using E-LKPD based on local wisdom on student learning outcomes in social studies subjects growing and developing national spirit and analyzing differences in learning outcomes between the use of E-LKPD and non-electronic LKPD in IPS learning.
This research method uses a type of quantitative research with experimental methods. The method is a Quasi Experimental design which requires 2 groups namely the experimental group and the control group. The research design used a pretest-posttest nonequivalent control group design. The subject of this research was class VIII students from SMP Negeri 2 Sidoarjo. Data collection techniques use 3 techniques, namely Observation, Testing, and Documentation. Data analysis used validity test, N-gain test, normality test, homogeneity test, and independent t- test.
The results showed that the use of E-LKPD was from the results of the Normality Gain test high average which had been applied to students in class VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo in improving social studies learning outcomes. Meanwhile, the comparison class showed results from research data that were than the Gain Normality test results low averange in the use of non-E-LKPD. In the learning process using E-LKPD based on local wisdom of the nyadran tradition can provide an increase in student learning outcomes. Student learning outcomes from the use of local wisdom-based nyadran tradition E-LKPD with an high average. So, it can be concluded that the use of nyadran tradition-based local wisdom- based E-LKPD can be used to improve class VIII student learning outcomes at SMP Negeri 2 Sidoarjo 2022-2023 school year.
Key: Nyadran Tradition, E-LKPD, and Learning Outcomes.