ANALYSIS OF CLASS VIII IPA STUDENT BOOK BASED ON KPS CATEGORY OF MATERIAL PRESSURE AND ITS APPLICATION IN DAILY LIFE
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Buku Siswa IPA Kelas VIII Berdasarkan Kategori KPS Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah buku IPA siswa terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Objek dalam penelitian ini terdiri dari 3 guru IPA kelas VIII dan 3 siswa kelas VIII yang berada di 3 sekolah Negeri, yaitu SMP N 17 Surabaya, SMP N 60 Surabaya, dan SMP N 62 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ialah lembar angket, instrumen keterbacaan buku dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku siswa IPA kelas VIII dengan ketrampilan proses sains sebesar 60% dengan kategori sesuai. Aspek ketrampilan proses sains yang terdapat pada buku meliputi ketrampilan observasi, klasifikasi, interpretasi, menggunakan alat atau bahan, menerapkan konsep, dan mengomunikasikan. Sedangkan hasil dari keterbacaan buku IPA siswa kelas VIII materi tekanan zat, nilai rata-ratanya sebesar 3 dengan kategori baik. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa buku siswa IPA materi tekanan zat sesuai dengan aspek KPS. Saran dari peneliti, sebaiknya buku yang digunakan siswa memuat seluruh aspek ketrampilan proses sains. Dengan menambahkan aspek KPS yang belum disajikan dalam buku, yang meliputi ketrampilan memprediksi, ketrampilan mengajukan pertanyaan, ketrampilan berhipotesis, dan ketrampilan merencanakan suatu percobaan.
Kata Kunci : Ketrampilan Proses Sains, Buku IPA siswa, dan Tekanan Zat.
ABSTRACT
This study aims to analyze the eighth grade science student books based on the KPS category of substance pressure and its application in everyday life. The research method used is descriptive research with a qualitative approach. The subjects in this study were student science books published by the Ministry of Education and Culture. The objects in this study consisted of 3 science teachers of class VIII and 3 students of class VIII who were in 3 state schools, namely SMP N 17 Surabaya, SMP N 60 Surabaya, and SMP N 62 Surabaya. The research instrument used to collect research data was a questionnaire sheet, a book readability instrument and an observation sheet. The data analysis technique used in this study is content analysis. The results of this study indicate that the suitability of the eighth grade science student books with science process skills is 60% in the appropriate category. The aspects of science process skills contained in the book include observation, classification, interpretation, using tools or materials, applying concepts, and communicating. Meanwhile, the results of the eighth grade students readability of the substance pressure material, the average score was 3 in the good category. From the research that has been carried out, it can be concluded that the science student book material pressure of substances is in accordance with the KPS aspect. Suggestions from the researchers, the books used by students should contain all aspects of science process skills. By adding aspects of PPP that have not been presented in the book, which include prediction skills, question-asking skills, hypothesizing skills, and planning an experiment skills.
Keywords: Science Process Skills, Student Science Books, and Substance Pressure.