E-MODULE SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI DI SMA NEGERI 19 SURABAYA
E-MODULE SYSTEMATICS WRITING PROPOSALS FOR INDONESIAN SUBJECTS FOR CLASS XI AT SMA NEGERI 19 SURABAYA
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media E-module. Media dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi Sistematika Penulisan Proposal untuk kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya. Metode yang digunakan penelitian ini ialah penelitian pengembangan. Langkah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini melakukan tahapan analisis, perancangan dan pengembangan. Sedangkan tahap penerapan dan evaluasi tidak dilakukan dengan alasan dalam masa pandemi Covid-19. Jenis data dari penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah skala Guttman yang kemudian dianalisis dan diolah menggunakan perhitungan persentase. Langkah uji validasi dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media. Uji validasi dilaksanakan untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan. Hasil dari uji validasi diperoleh data sebagai berikut: Hasil uji kelayakan desain pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran sebesar 100%. Sedangkan hasil uji kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 100%. Hasil uji kelayakan media oleh ahli media sebesar 91,6%. Kelayakan bahan penyerta oleh ahli media sebesar 88,5%. Berdasarkan hasil tersebut selanjutnya dimasukkan dalam kriteria persentase tergolong “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media e-module materi sistematika penulisan proposal mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya telah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, E-module, Sistematika Penulisan Proposal, Bahasa Indonesia
This development research aims to determine the feasibility of the media E-module. Media was developed in Indonesian subjects, the material for Proposal Writing Systematics for class XI SMA Negeri 19 Surabaya. The method used in this research is development research. The development step uses the ADDIE model which consists of 5 stages, namely Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. This study carried out the stages of analysis, design, and development. While the implementation and evaluation stages were not carried out because of the Covid-19 pandemic. The type of data from this research is quantitative data obtained from a questionnaire instrument. The data analysis technique used is the Guttman scale which is then analyzed and processed using a percentage calculation. The validation test step was carried out by 3 experts, namely Learning design experts, material experts, and media experts. The validation test is carried out to determine the feasibility of the resulting product. The results of the validation test obtained the following data: The results of the feasibility test of learning designs by learning design experts were 100%. While the results of the material due diligence by material experts were 100%. The results of the media feasibility test by media experts were 91.6%. The feasibility of accompanying materials by media experts is 88.5%. Based on these results, the percentage criteria are classified as "very good". Thus it can be concluded that the media is e-module the systematic material of writing proposals for Indonesian subjects for class XI SMA Negeri 19 Surabaya is feasible and can be used in the learning process.
Keywords: Development, E-module, Systematics of Proposal Writing, Indonesian