TATA RUANG KANTOR DI INSPEKTORAT PROVINSI JAWA TIMUR
Nama : Ima Kusbandia
NIM : 16040263065
Program Studi : DIII Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dian Arlupi Utami, S.Sos., M.AP.
Kantor merupakan tempat yang biasa dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tata usaha (pekerjaan kantor, pekerjaan tulis-menulis). Penataan tata ruang kantor sangatlah penting, mengingat sepertiga dari seluruh waktu pegawai dihabiskan untuk bekerja. Dalam penataan tata ruang kantor perlu diperhatikan dengan bentuk tata ruang kantor dan lingkungan kerja. Tata ruang kantor yang baik akan menimbulkan dampak positif bagi pegawai, sehingga penataan tata ruang kantor dapat dibuat senyaman mungkin agar terciptanya tujuan organisasi yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Bentuk-Bentuk Tata Ruang Kantor di Inspektorat Provinsi Jawa Timur (Studi pada Bidang Pemerintahan) dan mendeskripsikan Faktor-Faktor dalam Lingkungan Kantor di Inspektorat Provinsi Jawa Timur (Studi pada Bidang Pemerintahan).
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Terdapat instrumen peneliatan yang digunakan yaitu pedoman wawancara, buku catatan, alat komunikasi seperti kamera atau handphone. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data (penyajian data), dan kesimpulan/verivikasi.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa, Tata Ruang Kantor di Inspektorat Provinsi Jawa Timur pada Bidang Pemerintahan menggunakan bentuk tata ruang kantor gabungan yang merupakan gabungan dari bentuk tata ruang kantor terbuka, bentuk tata ruang kantor tertutup dan bentuk tata ruang kantor berhias. Faktor-faktor dalam lingkungan telah diterapkan dengan baik, seperti pengaturan cahaya yang sesuai, pemilihan warna yang tepat, udara yang sejuk, suara yang tingkat kebisingannya dalam batas yang wajar, dan musik yang diputar di front office.
Simpulan dari penelitian ini adalah tata ruang kantor di Inspektorat Provinsi Jawa Timur pada Bidang Pemerintahan menggunakan bentuk tata ruang kantor gabungan. Faktor-faktor dalam lingkungan kantor seperti cahaya, warna, udara, suara, dan musik sudah diterapkan cukup baik.
Saran yang dapat diberikan untuk Inspektorat Provinsi Jawa Timur pada Bidang Pemerintahan adalah perlunya penambahan ruang arsip, perlunya mempertimbangkan dengan penempatan AC pada ruang Pimpinan, dan perlunya menyediakan penutup jendela (korden) pada ruang pimpinan.
Kata Kunci: Tata Ruang Kantor, Tata Ruang Gabungan, Faktor dalam Lingkungan Kantor
OFFICE LAYOUT IN EAST JAVA PROVINCIAL INSPEKTORAT
Name : Ima Kusbandia
Study Program : DIII State Administration
Department : Public Administration
Faculty : Faculty of Social Sciences and Law
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dian Arlupi Utami, S.Sos., M.AP.
Office is a place commonly used to carry out administrative work (office work, paperwork). Structuring office space is very important, considering that one third of all employee time is spent working. In structuring office layout, it needs to be considered in the form of office layout and work environment. A good office layout will have a positive impact on employees, so that the arrangement of office space can be made as comfortable as possible so that good organizational goals can be created. The purpose of this study is to describe the Forms of Office Spatial Planning at the East Java Provincial Inspectorate (Study on the Government Sector) and describe the Factors in the Office Environment at the Inspectorate of East Java Province (Study on the Government Sector).
The research approach used is descriptive approach with qualitative methods. There are research instruments that are used which are interview guides, notebooks, communication tools such as cameras or cellphones. The technique of data collection is done in three stages, namely observation, interviews, and documentation. And data analysis techniques use four stages, namely data collection, data reduction, data display (data presentation), and conclusions / verifications.
The results of the study illustrate that, the Spatial Office at the East Java Provincial Inspectorate in the Governance Sector uses a form of joint office spatial planning which is a combination of open office spatial forms, closed office spatial forms and decorative office spatial forms. Factors in the environment have been well implemented, such as appropriate lighting arrangements, proper color selection, cool air, sound with noise levels within reasonable limits, and music playing at the front office.
The conclusion of this study is the office layout at the East Java Provincial Inspectorate in the Government Sector using a joint office layout. Factors in the office environment such as light, color, air, sound, and music have been applied quite well.
Suggestions that can be given to the Inspectorate of East Java Province in the Government Sector are the need for the addition of an archive room, the need to consider the placement of air conditioners in the leadership room, and the need to provide window coverings in the leadership room.
Keywords: Office Spatial, Combined Spatial Planning, Factors in the Office Environment