Minat yang besar terhadap penggunaan handphone khususnya jenis smartphone dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan dan mengingat pengguna internet paling banyak adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah maka pengembangan aplikasi untuk membantu penyelenggaraan pembelajaran atau yang dikenal sebagai mobile learning akan menjadi prospek yang baik.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan aplikasi Mathematics Mobile Learning pada Smartphone berbasis Android dengan materi pokok aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP yang berkualitas baik. Aplikasi yang dikembangkan dikatakan baik apabila memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan menurut Plomp (2013) yang terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) Tahap investigasi awal (preliminary research), (2) Tahap membuat prototype (Prototyping Phase), (3) Tahap Assesmen (Assesment
Phase). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi aplikasi, lembar validasi tes kemampuan awal, lembar validasi tes hasil belajar, lembar tes kemampuan awal, lembar tes hasil belajar dan lembar angket respon pengguna. Aplikasi yang dikembangkan diujicobakan secara terbatas kepada enam siswa kelas VII SMP dengan sekolah yang berbeda.
Hasil pengembangan aplikasi Mathematics Mobile Learning pada Smartphone berbasis Android dengan materi pokok aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP termasuk dalam kategori baik, karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi aplikasi yang dikembangkan dinyatakan valid karena memperoleh nilai rata-rata total 2.96 begitu pula dengan tes kemampuan awal memperoleh nilai rata-rata total validitas sebesar 3.03 dan tes hasil belajar memperoleh nilai rata-rata total validitas sebesar 2.90. Aplikasi yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis secara teoritis dan empiris, praktis secara teoritis karena aplikasi dinyatakan valid dari validator dan praktis secara empiris karena angket respon yang diisi oleh enam siswa diperoleh tanggapan positif yaitu sebesar 81.5%. Berdasarkan kriteria kepraktisan media, maka dapat dinyatakan aplikasi sebagai media belajar dapat digunakan tanpa revisi. Selain itu, apikasi yang dikembangkan juga memenuhi kriteria efektif karena 6 dari 6 siswa mendapat nilai diatas KKM yang artinya persentase ketuntasan siswa 100% sehingga dapat dinyatakan bahwa aplikasi yang dikembangkan sangat efektif.
Kata Kunci : Mathematics Mobile Learning, Aritmetika Sosial
Great interest in the use of mobile phones, especially types of smartphones can be utilized in the field of education and given the penetration composition of internet users are children who are still in school, so the development of applications to help implement learning or known as mobile learning will be a good prospect.
The purpose of this research is to describe the development process and produce the Mathematics Mobile Learning application on Android-based Smartphones with the subject matter of social arithmetic for junior high school grade seven. The application development will be classified as good if it fulfills the criteria of valid, practical, and effective This research refers to the development model according to Plomp (2013) which consists of three stages, namely (1) Preliminary research, (2) Prototyping Phase, (3) Assessment Phase. The research instruments used is validation sheet application, validation sheet of initial ability test, validation sheet of learning outcome test, the sheet of initial ability test, the sheet of learning result test and the sheet of user response
questionnaire. The application developed was limitedly tried to six seventh grade students of junior high school with different schools.
The results of the development of the Mathematics Mobile Learning application on Android-based Smartphones using social arithmetic for grade seven junior high school are included in the good category because it fulfills valid, practical, and effective criteria. The results of the application validation developed were declared valid because it obtained an average total score of 2.96 as well as the initial ability test with an average of 3.03 total validity and the learning outcomes test with an average of 2.90 total validity. The application developed fulfills practical criteria in theoretical and empirical, practice in theoretical because the application is declared valid from the validator and practically in empirical because the response questionnaire filled in by six students obtained a positive response that is equal to 81.5%. Based on the practicality criteria of the media, it can be stated that the application as a learning media can be used without revision. In addition, the application development also met the effective criteria because 6 of the 6 students scored above the KKM, which mean the percentage of students' completeness was 100% so that it could be stated that the application developed was very effective.
Keywords: Mathematics Mobile Learning, Social Arithmetic