Abstrak
Pendidikan merupakan salah satu sektor yang memengaruhi kemajuan bangsa. Sedangkan kemajuan pendidikan dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan teknologi, sehingga hal ini sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan untuk menunjang proses belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran berupa modul dilakukan berdasarkan adanya permasalahan di SMA NU 1 Gresik yaitu keterbatasan ruang praktik, belum adanya modul sebagai media pembelajaran, dan kurangnya pengetahuan siswa mengenai ragam hias Gresik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Peneliti mengadaptasi metode Sugiyono yaitu Research & Development. Tahap akumulasi data diperoleh dari observasi, wawancara, validasi produk, uji coba, dan validasi data. Modul membahas mengenai ragam hias Gresik dan penerapannya. Uji kelayakan oleh ahli media mendapat prosentase 82,8% dan ahli materi 96,6%. Sedangkan validasi guru seni rupa mendapatkan prosentase 96,3% untuk media dan 95% untuk materi. Setelah validasi dan dinyatakan layak, selanjutnya diuji cobakan kepada 30 siswa kelas XI MIPA 5, 6, dan 7. Hasil dari pre test 70,5%, post test 84,16%, dan kuisioner sebesar 89,16%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh modul terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran seni rupa dan modul yang dikembangkan layak digunakan serta efektif dan berdaya tarik bagi siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Modul, Ragam Hias Gresik
Abstract
Education is one sector that affects the progress of the nation. The quality of education is influenced by teachers, the environment, and the completeness of infrastructure. The development of learning media in the form of modules was carried out based on the problems at SMA NU 1 Gresik, namely the limited practice space, the absence of modules as learning media, and the lack of student knowledge about Gresik decorations. The purpose of this research was to determine and describe the process, results, application, and student responses there is this development. The researcher adapted Sugiyono's method, namely Research & Development. The data accumulation stage was obtained from observation, interviews, product validation,trials, and data validation. The module discusses the Gresik decoration and its application. The feasibility test by media experts got a percentage of 82.8% and material experts 96.6%. While the validation of fine arts teachers get a percentage of 96.3% for the media and 95% for the material. After being validated and declared eligible, it was then tested on 30 students of class XI MIPA 5, 6, and 7. The results of the pre-test were 70.5%, post-test was 84.16%, and the questionnaire was 89.16%. The results of this study indicate that there is an effect of the module on the learning outcomes of class XI students in art lessons and the modules developed are feasible to use and effective and attractive for students.
Keywords: Learning Media, Module, Gresik Ornamental Variety