PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING NON CELEBRITY ENDORSER SURABAYA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
FORMATION THE PERSONAL BRANDING OF SURABAYA NON CELEBRITY ENDORSER THROUGH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM
Penelitian ini membahas tentang pembentukan personal branding non-celebrity endorser Surabaya melalui media sosial Instagram. Hal ini dikarenakan maraknya persaingan bisnis di media sosial Instagram yang menggunakan personal branding endorser non-celebrity untuk mendukung produk yang ditawarkan agar masyarakat lebih tertarik dan lebih percaya. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Pembentukan personal branding non-celebrity endorser Surabaya terdiri dari spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian,perbedaan, visibilitas, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Hasil dari penelitian mengenai personal branding ditemukan bahwa masing-masing dari non celebrity endorser memiliki makna dalam membentuk personal brand terkait aktivitasnya sebagai pendukung suatu produk. Dari aktivitasnya sebagai endorser terlihat bahwa terdapat ciri khas yang spesifik yang sudah ditentukan, kerelevanan konsep penyampaian pesan dengan endorser, dan adanya konsistensi secara terus menerus untuk memasarkan dirinya di mata publik melalui media sosial Instagram.
Kata Kunci: personal branding, endorser, Instagram